Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kenali Kesehatan Tubuh dari Warna Lidah

Warna lidah Anda dapat menjadi tanda bagaimana kesehatan Anda.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 18 Desember 2018  |  11:40 WIB
Kenali Kesehatan Tubuh dari Warna Lidah
Lidah - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Warna lidah Anda dapat menjadi tanda bagaimana kesehatan Anda.

Bahkan perubahan kecil seperti perubahan di permukaan dapat menunjukkan banyak hal tentang kesehatan tubuh. Ada banyak faktor yang menjadi penyebab perubahan warna lidah.

Mulai dari gangguan kesehatan atau juga obat-obatan tertentu juga bisa mengubah warna lidah sementara.

Ketika Anda sedang menyikat gigi dan mengikis lidah Anda, biasakan untuk memeriksa lidah Anda untuk mencari kelainan apa pun yang bisa terlihat.

Jika Anda perhatikan, warna lidah yang sehat berwarna merah muda. Sementara lapisan putih terang benar-benar normal, dengan tekstur lidah Anda harus sedikit kabur.

Berikut tanda-tanda kesehatan berdasarkan warna lidah seperti dilansir dari timesofindia.com

Putih

Jika lidah Anda berwarna putih, kemungkinan besar itu berarti Anda mengalami dehidrasi dan memiliki kebersihan mulut yang buruk. Tetapi jika lapisan itu terlihat lebih seperti lapisan keju cottage, itu mungkin menandakan Leukoplakia, yang penyebab utamanya adalah merokok.

Selain itu, lidah putih juga bisa menandakan flu. Untuk kejelasan yang lebih baik, periksa oleh praktisi medis.

Lidah pucat

Lidah berwarna pucat dapat menunjukkan defisiensi nutrisi, yang dapat dengan mudah dijaga dengan membuat perubahan diet yang diperlukan.

Lidah kuning

Jika ada yang salah dengan sistem pencernaan Anda atau jika Anda memiliki masalah hati atau perut, Anda mungkin memiliki lapisan kuning di lidah Anda. Namun, tidak perlu panik dulu karena lebih sering disebabkan oleh obat tertentu atau kebersihan kesehatan mulut yang buruk.

Lidah coklat

Jika Anda pencinta kafein, jangan kaget jika lidah Anda berubah menjadi cokelat. Bahkan, merokok pun bisa menyebabkan semburat cokelat di lidah. Perokok kronis dapat secara permanen memiliki lapisan coklat di lidah mereka yang idealnya harus diperiksa oleh dokter.

Lidah hitam

Jika Anda seorang perokok berantai, bacalah ini dengan seksama. Jika ada bakteri yang menumpuk di lidah Anda, itu bisa menjadi hitam dan berbulu.

Lidah Merah

Kekurangan asam folat atau vitamin B-12 dapat membuat lidah Anda sangat merah. Jika Anda melihat lebih dekat, Anda mungkin dapat melihat bintik-bintik kemerahan dalam pola seperti peta di lidah juga. Ini disebut lidah geografis.

Lidah biru

Lidah biru dan ungu mungkin menunjukkan masalah jantung. Entah jantung Anda tidak memompa darah dengan baik atau ada kekurangan oksigen dalam darah Anda. Kami sarankan Anda menemui dokter jika lidah Anda berubah warna menjadi biru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kesehatan

Sumber : Timesofindia

Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top