9 Cara Membuat si Buah Hati Mudah Terlelap

Bagi sebagian pasangan muda yang baru memiliki anak, sering kali menghadapi kendala saat menidurkan anak. Namun ada beberapa langkah untuk cepat menidurkan anak.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 26 Desember 2018  |  11:09 WIB
9 Cara Membuat si Buah Hati Mudah Terlelap
Ilustrasi - foxnews.com

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi sebagian pasangan muda yang baru memiliki anak, sering kali menghadapi kendala saat menidurkan anak. Namun ada beberapa langkah untuk cepat menidurkan anak.

Merawat bayi memang tugas yang tidak bisa disebut gampang. Orang tua harus tahu jika bayi belum mengerti siklus tidur yang benar, hingga menjadi balita.

Ketika mereka berusia sekitar 6 bulan, Anda dapat mencoba membantu mereka tertidur sendiri, sepanjang malam, dan menjadikannya sebuah siklus kebiasaan untuknya, sehingga Anda tidak selalu harus kehabisan energi menidurkannya. Berikut ini beberapa hal yang patut Anda coba seperti dilansir dari Boldsky.

1. Pilih tempat tidur layak untuk bayi

Anda dapat mencoba dengan mencari tempat tidur yang nyaman untuk bayi. Misalnya mencari tempat tidur baru atau memindahkan ke kamar berbeda dari semula. Di mana pun tempat yang Anda pilih, pastikan bayi Anda cocok untuk tidur. Anda dapat mencoba berbagai ruangan hingga dinilai sesuai untuk bayi. Selain itu, seiring pertumbuhan bayi, buat perubahan yang diperlukan di tempat yang sesuai dengan kesukaannya.

2. Tetapkan Isyarat atau waktu tidur bayi

Anda harus memilih waktu yang ditetapkan untuk membuat bayi tertidur setiap hari. Dengan melakukan ini, Anda harus mengajari bayi bahwa di waktu tertentu adalah waktu yang tepat bagi mereka untuk tidur. Biasanya bayi akan mengikuti isyarat dari orang tua setelah dipraktekkan beberapa hari. Bersamaan dengan itu, Anda juga dapat memberikan isyarat lain seperti lagu pengantar tidur sambil membuat mereka tidur sehingga mereka dapat mengerti bahwa sudah waktunya untuk tidur.

3. Melakukan rutinitas harian pada bayi

Orang tua dapat memulai beberapa hal kepada sang bayi seperti mengajak mereka tidur sesaat. Tindakan ini dapat dimulai dengan mandi air hangat, penggantian popok hingga beberapa pijatan kecil sampai tertidur. Setelah jam biologis bayi Anda terbiasa dengan rangkaian rutinitas ini, mereka kemungkinan besar akan tertidur sendiri di akhir aktifitas itu beberapa waktu kemudian.

4. Pastikan bayi kenakan pakaian yang nyaman

Umumnya pakaian yang ketat dan menjengkelkan bisa menjadi penghalang besar untuk tidur bayi. Kenakan pakaian malam yang nyaman dan lapang pada bayi. Dibandingkan pakaian ketat, bayi lebih menyukai pakaian yang terasa lembut saat disentuh.

5. Bayi mudah terjaga akibat lapar

Orang tua harus memastikan si buah hati telah diberi makanan bergizi setiap saat, terutama sebelum waktu tidurnya. Akan tetapi ini tidak berarti bahwa Anda perlu memberi mereka makan berlebih di luar kemampuannya. Beri bayi makan secukupnya agar sesuai dengan rasa laparnya. Jika bayi Anda masih disusui, maka menyusuinya dapat dilakukan sebelum tidur. Hal ini akan membantu bayi tidak mudah terjaga. Jikapun bayi Anda bangun di malam hari, alih-alih mengalihkan perhatiannya dengan mainan, gunakan waktu itu untuk memberi mereka makan dan menidurkannya kembali.

6. Bersihkan hidung mereka sama seperti orang dewasa

Jika bayi memiliki hidung tersumbat dari pilek, mereka tidak akan tidur nyenyak. Jika hal ini masalahnya, Anda akan sering melihat mereka tidur dengan mulut terbuka karena kurangnya pernafasan lewat hidung. Tidur dengan mulut terbuka juga bisa membawa infeksi dan penyakit lain. Orang tua sebaiknya bersihkan hidung bayi dan mencegahnya tersumbat lagi. Jika tidak ada yang berhasil, dan bayi Anda masih tidur dengan hidung tersumbat dan mulut terbuka, kunjungi dokter untuk mengatasi masalah tersebut.

7. Pastikan bayi tidur dalam suasana nyaman

Bayi perlu menyesuaikan diri dengan suara-suara di rumah agar tetap tidur nyenyak. Tetapi hal itu hanya akan terjadi ketika mereka tumbuh dewasa. Sebelum itu, sangat penting bagi orang tua untuk memberikan suasana yang tenang dan damai untuk tidur. Suara keras dan mengejutkan sampai suara-suara paling lembut akan mengganggu tidur mereka. Orang tua harus berhati-hati untuk tidak meletakkan televisi atau sumber suara lainnya di dekat tempat bayi Anda tidur.

8. Mainkan musik yang menenangkan

Bayi dapat merespons musik dengan baik bahkan ketika mereka berada dalam kandungan ibu mereka. Jadi, bahkan saat keluar dari rahim, Anda dapat menggunakan musik untuk membuat mereka tertidur. Orang tua dapat memainkan beberapa musik instrumental ringan, atau bahkan menyanyikan lagu pengantar tidur untuk si kecil. Ini akan membantu mereka rileks dan tertidur lebih cepat.

9. Tempatkan lampu temaram

Meskipun membiarkan ruangan gelap lebih disukai bayi namun Anda dapat menggunakan lampu temaram dengan cahaya hangat sehingga bayi tidak akan diintimidasi oleh kegelapan, juga tidak terganggu oleh cahaya terang. Lampu-lampu hangat juga memberikan perasaan yang sangat santai dan nyaman di kamar bayi Anda.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
parenting

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top