Kebiasaan yang Bikin Anda Sulit Meraih Tujuan

Semua orang memiliki periode saat tubuh rasanya tidak berenergi dan motivasi seolah berkurang untuk meraih tujuan. Pada masa seperti ini, tujuan kita terasa tidak begitu penting. Kita tak lagi menggebu-gebu untuk meraihnya.
Tika Anggreni Purba | 02 Februari 2019 15:52 WIB
Ilustrasi - Wisegeek

Bisnis.com, JAKARTA—Semua orang memiliki periode saat tubuh rasanya tidak berenergi dan motivasi seolah berkurang untuk meraih tujuan. Pada masa seperti ini, tujuan kita terasa tidak begitu penting. Kita tak lagi menggebu-gebu untuk meraihnya.

Jangan sedih dulu, Anda tidak sendirian merasakan hal ini. Kemalasan untuk meraih tujuan juga dirasakan oleh banyak orang di luar sana. Akan tetapi, tidak semua orang mau bangkit dan mempelajari mengapa dia kehilangan motivasi.

Berikut ini beberapa alasan dan kebiasaan yang merusak produktivitas kita sehingga kita sulit untuk meraih tujuan:

1.  Membuat tujuan terlalu besar dan kompleks

Kita sering kali membuat tujuan yang sangat besar tetapi meremehkan usaha dan upaya yang diperlukan untuk meraihnya. Inilah yang sering kali membuat kita mudah menyerah ketika mulai menjalani proses pencapaian tujuan itu. Kita sering memikirkan goal, tanpa memikirkan upaya untuk meraihnya.

2.  Terlalu perfeksionis

Saat ingin meraih sebuah tujuan, kita sering berharap bahwa segala sesuatunya harus berjalan dan berhasil sempurna. Faktanya, ekspektasi kita tidak selalu sejalan dengan realita. Perjalanan menuju tujuan pasti ada lika-luku, naik turun, bahkan kegagalan.

 

3.      Mengkritik diri sendiri

Ketika kita merasa semangat mulai redup untuk mencapai tujuan, kita cenderung mengkritik diri sendiri dengan cara yang negatif. Kita mengatai diri sebagai pemalas dan ungkapan negatif lainnya dengan tujuan memotivasi diri. Padahal itu adalah cara yang salah. Jangankan termotivasi, kita justru makin malas.

 

4.      Mendengarkan kritik orang lain

Kritik yang membangun dari orang lain pantas untuk kita dengarkan. Akan tetapi, bila kritik itu justru menghancurkan motivasi dan berdampak buruk pada kita, kritik perlu diabaikan. Kita sering gagal mencapai tujuan karena terlalu mendengarkan penilaian dan kritik orang lain.

 5. Tidak membuat rencana

Kita sering begitu bergairah terhadap sebuah tujuan, tetapi tidak membuat perencanaan apapun untuk meraihnya. Inilah alasan mengapa kita selalu kehilangan motivasi dalam mencapai tujuan.

Tag : Tips Karir
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top