Perceraian/
Health

Kenapa Orang Tua Dilarang Bertengkar di Depan Anak?

Reni Lestari
Sabtu, 9 Februari 2019 - 07:57
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Orang tua dan anak memiliki ikatan batin bahkan sejak anak berusia bayi. Ikatan batin tersebut juga memungkinkan pengaruh emosi orang tua kepada anak. Ketika orang tua marah, si bayi juga akan ikut merasakan kecemasannya.

"Walaupun bayi, dia punya yang namanya emotional bonding antara orang tua dan anak," kata Psikolog anak dan keluarga Ajeng Raviando.

Bahkan, akan ada dampak yang berbeda ketika Anda menyuapi bayi dengan tersenyum dan bermuka masam. Hal tersebut disebabkan ikatan batin antara orang tua dan anak yang masih kuat di masa-masa awal kehidupannya. Terlebih jika orang tua bertengkar di dekat si bayi.

"Kalau bertengkar dan ada bayinya di sekitar kita, pasti ada emosi yang dirasakan oleh bayi," ujarnya.

Namun demikian, bukan berarti orang tua harus sama sekali menghindari beradu pendapat di depan anak. Menurut Ajeng, anak juga bisa belajar saat menyaksikan orang tuanya mendiskusikan sesuatu. Salah satunya adalah kenyataan bahwa perbedaan pendapat adalah bagian dari hidup yang kemungkinan besar akan dia temui saat bergaul dengan teman-temannya kelak.

Dengan menampakkan tekanan yang tepat saat beradu pendapat, anak akan belajar mematangkan emosinya dan menjadikannya pribadi yang lebih siap menghadapi perbedaan dan perdebatan.

"Bertengkar boleh tetapi harus proper, harus disesuaikan dengan anak," ujarnya.

Maka, jika dirasa sudah sampai pada titik emosi tertentu yang bisa memunculkan pertengkaran, orang tua harus mengontrol diri agar suara tak meninggi dan menghindari konflik berlebihan di depan anak.

Jika dibutuhkan waktu untuk diskusi dan perdebatan lebih lanjut, maka jangan libatkan anak dalam situasi semacam itu.

"Anak sedang dalam tahap tumbuh kembang, jangan sampai yang tertanam itu kenangan-kenangan yang negatif. Memang harus digarisbawahi bertengkar yang sehat itu seperti apa," ujar Ajeng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Lestari
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro