Ilustrasi/Businessnewsdaily
Relationship

7 Tips Menghadapi Rekan Kerja yang Menjengkelkan

Mia Chitra Dinisari
Senin, 18 Februari 2019 - 10:46
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam sebuah lingkungan kerja, kita akan menemukan beragam jenis orang yang berbeda-beda karakter dan sifatnya.

Ada yang baik, suka membantu, dan ada juga yang bersikap menjengkelkan.

Saking menjengkelkannya, memikirkan melihat wajahnya saja membuat Anda kesal, dan kadang Anda bahkan merasa sulit berkonsentrasi pada pekerjaan.

Lantas bagaimana caranya agar menghindari dan mengatasi orang semacam ini? berikut tips nya menurut Timesofindia.com:

1. Jangan pedulikan

Anda harus ingat bahwa kantor adalah ruang yang kompetitif dan bukan tempat untuk berteman. Setiap orang bekerja di bawah tenggat waktu dan berurusan dengan masalah mereka sendiri.

Belajarlah untuk tidak membuatnya menjadi masalah pribadi dan mengingatkan diri sendiri bahwa tidak tahu soal apapun membuat Anda bahagia.

2. Bersikap diplomatis

Meskipun, menjadi jujur dan terus terang adalah hal yang penting, tetapi bermain dengan kata-kata di tempat kerja bisa membantu menghadapi orang semacam ini. Jangan bersikap kasar atau sepenuhnya menutup semua komunikasi dengan kolega itu, cobalah bersikap sedikit diplomatis dan jangan membuat kian tegang hubungan Anda.

3. Coba bersahabat

Beberapa kali, cobalah melakukan pendekatannya dengannya. Ajak untuk rehat kopi atau jalan-jalan singkat dan mencoba untuk mengobrol dengan orang tersebut.

Pastikan saja topiknya tidak terkait dengan pekerjaan. Cobalah memahami kolega dengan lebih baik sebagai pribadi dan Anda mungkin bisa membangun hubungan yang baik.

4. Bicarakan

Jika tetap santai tidak membantu, sekarang saatnya berbicara dengan orang itu secara pribadi. Jelaskan bahwa Anda berdua harus hidup berdampingan di tempat yang sama dan dengan sopan menjelaskan apa yang sebenarnya mengganggu Anda.

Bersikap terbuka untuk menerima umpan balik dari kolega dan Anda berdua dapat menetapkan beberapa batasan yang saling menguntungkan untuk memperbaiki situasi.

5. Analisis perilaku Anda sendiri

Cobalah menganalisis perilaku Anda sendiri dan tanyakan bagaimana reaksi Anda terhadap setiap situasi.

Misalnya, apakah Anda merasa kesal ketika dia dihargai untuk bekerja? Mungkin, ketidakamanan Anda atau rasa takut tidak cukup baik yang menyebabkan kebencian ini. Mungkin Anda tidak menyukai kenyataan bahwa kolega Anda selalu riang gembira dan ceria. Daripada kesal, cobalah belajar dari orang itu bagaimana menjaga ketenangan dan tetap riang di tempat kerja.

6. Keluarkan semua uneg-uneg

Tips lain untuk menghilangkan stres sendiri adalah melampiaskan semuanya. Cari seseorang dari luar kantor dan bagikan apa yang terjadi pada siang hari. Ini akan membantu Anda merasa lebih ringan, dan juga mendapatkan perspektif orang ketiga tentang situasi tersebut.

7. Laporkan ke atasan

Jika Anda merasa diganggu dan masalahnya tidak dapat diselesaikan secara damai, jangan takut untuk mengangkat masalah dan berbicara sendiri. Cobalah untuk membuat bukti dan sampaikan kekhawatiran ini kepada manajer dan SDM Anda. Ingat, semakin Anda diam, semakin Anda memberdayakan pelaku intimidasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Timesofindia.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro