Unilever/www.unilever.co.id
Health

Unilever Sosialisasi Pentingnya Higienis di Rumah Sakit

Rayful Mudassir
Kamis, 28 Maret 2019 - 18:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Unilever Indonesia Tbk. melalui Indonesia Hygiene Forum menggelar diskusi terkait di bidang kesehatan dan higienitas rumah sakit di The Energy Building, Jakarta, Kamis (28/3/2019).

Diskusi tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya higienitas melalui pendekatan edukasi dan ilmu pengetahuan dengan menyoroti langkah-Iangkah pencegahan yang dapat dilakukan untuk menangani permasalahan yang masih dihadapi industri rumah sakit di Indonesia, yaitu penyebaran infeksi yang disebabkan oleh bakteri.

Drg. Ratu Mirah Afifah, GCCIinDent., MDSc, Division Head for Health & Wellbeing and Professional Institutions Yayasan Unilever Indonesia menuturkan kegiatan itu sebagai komitmen Unilever Sustainable Living Plan untuk meningkatkan kesehatan 1 milyar masyarakat di dunia pada 2020.

“Salah satu isu yang menurut kami perlu mendapatkan perhatian bersama adalah penyebaran infeksi yang saat ini masih marak terjadi di rumah sakit di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia,” katanya di Jakarta, Kamis (28/3/2019).

Menurutnya, sebagai institusi pelayanan kesehatan, rumah sakit memang sangat rentan dengan penularan bakteri-bakteri penyakit. Lingkungan rumah sakit yang tidak bersih dinilai dapat menambah risiko penyebaran infeksi.

“Unilever bersama Indonesia Hygiene Forum dan Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia [PERSI] menggelar diskusi hari ini untuk mengangkat pentingnya menjaga kebersihan seluruh permukaan baik itu fasilitas, ruangan maupun lingkungan rumah sakit sebagai perlindungan terhadap pasien, tenaga kesehatan, serta pengunjung dari bahaya infeksi," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Sub Direktorat Penyehatan Udara, Tanah dan Kawasan, Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI Dra. Cucu Cakrawati Kosim, M.Kes. mengapresiasi tujuan dari diskusi ini karena di Indonesia angka kejadian infeksi di rumah sakit masih terbilang cukup tinggi.

Menurutnya, dengan semakin melonjaknya jumlah pasien dan pengunjung rumah sakit, risiko penyebaran infeksi ini pun semakin menjadi tantangan besar bagi para pengelola rumah sakit.

Oleh karenanya, beliau menekankan bahwa upaya mengantisipasi penyebaran infeksi sebagai bagian penting dari peningkatan standar pelayanan rumah sakit harus terus dilaksanakan dan dimonitor, sesuai dengan Standard Operational Procedure yang berlaku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rayful Mudassir
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro