Penyanyi Andien Aisyah/JIBI-Syaiful Millah
Entertainment

Penyanyi Andien Aisyah Sampaikan Pesan ke Anak Lewat Lagu

Syaiful Millah
Selasa, 2 April 2019 - 07:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Musisi Andien Aisyah menjadikan musik sebagai cara berkomunikasi kreatif yang dilakukan bersama sang anak, Anaku Askara Biru atau Kawa dalam kegiatan sehari-hari.

Andien menuturkan kendati menyuruh anak secara langsung untuk mengerjakan sesuatu, hal tersebut dilakukannya melalui berbagai lagu yang dibuatnya secara sederhana. Hal ini, dinilainya, akan lebih menyenangkan bagi si anak menjalankan kegiatan tertentu.

“Aku jarang banget nyuruh dia [anaknya] untuk ngeberesin mainan langsung, tapi aku punya lagu untuk anakku biar beres-beres. Ada juga lagu menyapa pohon atau angin kalau pagi-pagi,” ungkapnya ditemui usai menghadiri sebuah diskusi di Jakarta, Senin (1/4/2019).

Andien mengatakan, belajar dari pengalaman pribadi yang mengenal musik dari usia dini membawa peran penting bagi kehidupannya secara keseluruhan.

Oleh sebab itu, lanjutnya, sejak dalam kandungan dia sering mendengarkan musik-musik dan menyanyikan secara langsung.

“Isitilahnya bukan mengajarkan, tapi lebih membiasakan anak untuk mendengar musik,”.

Dia meyakini bahwa musik memegang peran penting dalam pertumbuhan anak usia dini untuk menumbuhkan kepekaan dan kreativitas. Menurutnya, musik juga menjadi media yang efektif dalam menyampaikan pesan tertentu.

Andien juga mengungkapkan kendati bukan seorang musisi, orangtua dapat mengajarkan anak untuk lebih mengenal musik karena pada umumnya anak kecil cenderung senang mendengarkan musik. Hal itu lah yang seharusnya dimanfaatkan orangtua untuk dapat mendidik anaknya dengan cara yang menarik.

“Komunikasi lewat lagu juga kan sekaligus mengasah kerativitas kita sebagai orang tua. Engga perlu ribet buat lagu dari awal, sudah banyak lagu anak-anak lain yang bisa dikreasikan misalnya dengan diganti liriknya atau nadanya sedikit,” imbuhnya memberi tips.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Syaiful Millah
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro