Latih Memori Anak dengan Membaca

Masa pertumbuhan anak usia dini semestinya dimanfaatkan untuk membiasakan anak membaca buku. Upaya ini bertujuan untuk memberikan stimulasi positif bagi sang buah hati.
Rayful Mudassir | 11 April 2019 17:36 WIB
Beberapa anak membaca buku di Perpustakaan Umum Daerah (Perpusda) Kabupaten Semarang, Jateng - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Masa pertumbuhan anak usia dini semestinya dimanfaatkan untuk membiasakan anak membaca buku. Upaya ini bertujuan untuk memberikan stimulasi positif bagi sang buah hati.

Psikolog anak dan keluarga dari Klinik Terpadu Universitas Indonesia Anna Surti Ariani mengatakan anak-anak memiliki memori yang kuat dan sedang berada dalam tahap pembentukan karakter. Oleh karena itu, penting bagi orang tua membiasakan membaca kepada anak-anak mereka.

"Dengan membaca, anak-anak akan terstimulasi kreativitasnya. Nantinya hal tersebut juga mempengaruhi kognitif pada anak,” katanya saat talkshow di McDonald's Sarinah, Jakarta, Kamis (11/4/2019).

Membaca menurutnya juga dapat menumbuhkan ikatan antarorang tua dengan anak. Kehadiran orang tua pada saat anak membaca akan memberikan stimulasi positif sekaligus membimbing sang buah hati berdasarkan pada buku yang dibaca.

Sementara itu, pendongen Gery Puraatmadja mengatakan perkembangan sosial dan emosi anak akan menjadi leblh baik apabila orang tua berperan secara langsung dalam pengembangan edukasi anak antara lain melalui mendongengkan kisah-kisah.

"Selain mengembangkan kreativitas, mendongeng mampu mengembangkan daya imajinasi, kosakata anak, serta mempererat hubungan antara anak dan orang tua," katanya.

Adapun restoran cepat saji McDonald's Indonesia turut mendorong keluarga untuk menghabiskan lebih banyak waktu bersama dan mendorong orang tua untuk menikmati waktu berkuaIitas bersama anak-anak mereka melalui membaca.

Sebagai bentuk dukungan terhadap peluncuran program Happy Meal Readers McDonald's mempersiapkan serangkaian kegiatan berupa Happy Readers Fun Day yang diisi dengan Talkshow & Sharing Session tentang pentingnya menanamkan minat baca pada anak sejak usia dini, storytelling dan berbagai aktivitas menyenangkan yang dilakukan anak bersama orang tua mereka.

"Kami berharap program Happy Meal Readers 2019 akan menanamkan kecintaan membaca di antara anak-anak seumur hidup mereka dengan menjadikan membaca sebagai kegiatan yang menyenangkan bagi seluruh keluarga,” kata Sutji Lantyka, Associate Director of Communication McDonald's Indonesia.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
parenting

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup