5 Cara Atasi 'Mata Panda' dengan Minyak Kelapa

Alih-alih mencari produk mahal dan perawatan salon, sebenarnya ada bahan-bahan alami yang bisa mengatasi masalah lingkaran hitam di bawah mata. Secara spesifik, bahan yang digunakan adalah minyak kelapa.
Eva Rianti
Eva Rianti - Bisnis.com 29 April 2019  |  23:27 WIB
5 Cara Atasi 'Mata Panda' dengan Minyak Kelapa
Ilustrasi perawatan wajah. - purehealth

Bisnis.com, JAKARTA – Memiliki lingkaran hitam di bawah mata atau jamak dikenal 'mata panda' kerapkali membuat seseorang menjadi kurang percaya diri. Sebab, hal itu bisa memberi efek pada penampilan yang terlihat kurang maksimal.

Lingkaran hitam di bawah mata muncul karena beragam faktor, di antaranya stres, kurang tidur, berlama-lama di depan televisi dan komputer, masalah lingkungan, merokok, atau minum berlebihan.

Alih-alih mencari produk mahal dan perawatan salon, sebenarnya ada bahan-bahan alami yang bisa mengatasi masalah tersebut. Secara spesifik, bahan yang digunakan adalah minyak kelapa.  

Minyak kelapa adalah bahan alami yang dapat memerangi berbagai masalah kulit, termasuk lingkaran hitam. Minyak kelapa merembes ke dalam kulit dan membuatnya tetap terhidrasi. Dengan demikian, membantu untuk memerangi kulit mati dan kusam yang mengarah ke lingkaran hitam.

Selain itu, minyak kelapa juga memiliki sifat anti inflamasi yang menenangkan kulit. Sifat ini juga bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan menjaga kulit tetap sehat.

Dilansir dari Boldsky, Senin (29/4/2019), ada beberapa cara menggunakan minyak kelapa untuk mengobati lingkaran hitam pada mata.

Pertama, memijat bagian bawah mata dengan minyak kelapa murni. Ini tidak hanya dapat menghilangkan lingkaran hitam, tetapi juga mengurangi bengkak di bagian bawah mata Anda.

Metode penggunaannya cukup mudah. Diawali dengan mencuci muka hingga kering, lalu mengambil sedikit minyak kelapa murni di ujung jari. Pijat dengan lembut minyak kelapa di area bawah mata Anda dalam gerakan memutar selama sekitar 5 menit sebelum tidur. Biarkan semalaman, dan bilas pada pagi harinya. Ulangi cara ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Kedua, mengombinasikan minyak kelapa dan almond. Minyak kelapa dan minyak almond bersama-sama membuat campuran yang efektif untuk menjaga kulit terhidrasi, lembut, dan lentur sehingga mengurangi lingkaran hitam.

Cukup menyediakan satu sendok teh minyak kelapa dan minyak almond, campurkan kedua minyak tersebut, dan oleskan di area bawah mata sebelum tidur. Biarkan semalaman dan bilas pada pagi hari.

Ketiga, mencampurkan minyak kelapa dan kunyit. Kunyit dapat menenangkan dan mencerahkan kulit, sedangkan minyak kelapa akan membuat kulit tetap lembab. 

Anda hanya cukup menyediakan satu sendok makan minyak kelapa dan sedikit kunyit. Cara menggunakannya, campurkan kedua bahan tersebut menjadi satu. Oleskan pada bagian bawah mata sekitar 15 menit, lalu bersihkan menggunakan kapas dan bilas dengan air. Ulangi perawatan seperti ini seminggu sekali untuk hasil yang diinginkan.

Keempat, mengombinasikan minyak kelapa dan lavender. Minyak lavender memiliki sifat anti inflamasi dan anti oksidan yang menenangkan kulit dan mencegah kerusakan akibat radikal bebas. Kombinasi dengan minyak kelapa dapat mengurangi lingkaran hitam dan bengkak di bawah mata.

Dengan satu sendok makan minyak kelapa dan beberapa tetes minyak esensial lavender, Anda bisa mempraktikkannya. Cara menggunakannya, campur kedua bahan tersebut, lalu pijat lembut bawah mata dalam gerakan melingkar selama beberapa menit. Biarkan sekitar 2—3 jam dan bilas. Anda disarankan mengulangi perawatan seperti ini setiap hari.

Kelima, mengolaborasikan minyak kelapa, kentang, dan timun. Kentang memiliki sifat pemutihan yang membantu meringankan lingkaran hitam, sedangkan timun memiliki efek mendinginkan dan menghidrasi kulit serta membantu mengurangi lingkaran hitam dan pembengkakan di bawah mata.

Bahan yang dibutuhkan adalah 1 sendok teh minyak kelapa, 1 kentang, dan 1 timun. Kupas kentang dan timun, lalu potong kecil-kecil. Gabungkan keduanya untuk dijadikan pasta yang halus. Pijat dengan lembut pasta tersebut di bawah mata Anda. Biarkan selama 15—20 menit, lalu bilas. Setelah itu, oleskan minyak kelapa dan biarkan semalaman. Pada pagi hari, bilaslah menggunakan air dingin. Cara ini juga disarankan untuk dilakukan setiap hari.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
mata, perawatan wajah

Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top