Begini Cara Mencuci Rambut dengan Benar

Mencuci rambut merupakan hal yang sangat sederhana, namun diperlukan pengetahuan tentang cara-cara yang tepat agar rambut bisa benar-benar sehat dan kuat.
Eva Rianti
Eva Rianti - Bisnis.com 15 Mei 2019  |  12:48 WIB
Begini Cara Mencuci Rambut dengan Benar
Ilustrasi - Reallyree

Bisnis.com, JAKARTA – Mencuci rambut merupakan hal yang sangat sederhana, namun diperlukan pengetahuan tentang cara-cara yang tepat agar rambut bisa benar-benar sehat dan kuat.

Mencuci rambut tidak hanya mencakup keramas. Ada hal-hal tertentu yang perlu Anda ingat saat mencuci rambut, misalnya, salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan saat mencuci rambut adalah menggunakan air panas. Ini akan menyebabkan kerusakan rambut, dan belum banyak orang mengatahui hal ini.

Tekstur dan penampilan rambut Anda sangat bergantung pada cara Anda mencucinya. Rambut yang tidak dicuci dengan baik akan menjadi keriting dan rapuh seiring waktu, bahkan dapat menyebabkan rambut rontok dan ujung bercabang.

Untuk mencegah semua itu terjadi, Anda perlu mengambil tindakan pencegahan dan mengikuti tips tertentu. Tetapi sebelum itu, sangat penting untuk memilih produk yang tepat dan sesuai dengan jenis rambut Anda. 

Berikut ini beberapa cara yang tepat dalam mencuci rambut yang bisa Anda praktikkan agar memiliki rambut yang lebih sehat, seperti dilansir dari Boldsky, baru-baru ini. 

Sisir

Hal pertama yang perlu Anda lakukan sebelum mandi adalah menyisir rambut Anda secara menyeluruh dan memastikan tidak ada kusut di dalamnya. Ini adalah langkah wajib yang banyak dari kita melewatinya.

Menyisir rambut Anda di awal juga memastikan bahwa aplikasi sampo di rambut Anda berjalan lancar. Karenanya, ini merupakan langkah awal yang bagus dalam mencuci rambut.

Suhu Air

Langkah selanjutnya adalah memastikan bahwa air berada pada suhu yang tepat. Air, idealnya adalah yang hangat. Ini akan membuka pori-pori dan membantu menyingkirkan semua kotoran dari folikel rambut untuk memberikan Anda pembersihan yang lebih baik. Bilas rambut dan kulit kepala Anda dengan air hangat.

Keramas

Lalu, keramas rambut Anda. Ambil 2—3 pompa sampo, tergantung pada panjang rambut Anda dan pijat dengan lembut di kulit kepala Anda selama beberapa waktu dan usapkan hingga ke ujung rambut.

Jika Anda merasa rambut Anda masih berminyak, Anda bisa menggunakan sampo kedua kali dengan jumlah sampo yang lebih sedikit dari sebelumnya dan membilas rambut dengan cepat. Bilas rambut Anda sampai bersih untuk menghilangkan semua sampo itu.

Penggunaan kondisioner

Langkah selanjutnya dan yang sangat penting adalah mengkondisikan rambut Anda. Ini adalah langkah yang orang tidak sering ikuti, tetapi seharusnya tidak begitu. Kondisioner akan melembabkan rambut Anda, menghaluskannya, dan meningkatkan penampilan keseluruhan rambut Anda.

Sebelum Anda menerapkan kondisioner, pastikan untuk memeras kelebihan air dari rambut Anda. Ambil sedikit kondisioner pada telapak tangan Anda dan oleskan kondisioner dari tengah rambut ke ujung rambut Anda. Anda tidak boleh menerapkan kondisioner pada akar Anda karena ini akan merusak rambut Anda. Biarkan kondisioner bekerja sekitar 5 menit, lalu bilas sampai bersih.

Bilas dengan Air Dingin 

Jika pada awal mencuci rambut Anda menggunakan air hangat, pada saat membilas rambut Anda perlu menggunakan air dingin. Ini akan membantu menutup pori-pori dan melindungi kulit kepala Anda dari kotoran dan kotoran sehingga memastikan rambut sehat dan kuat.

Keringkan Rambut dengan Lembut

Setelah mencuci rambut, Anda harus mengeringkannya. Tetapi ingat untuk tidak menggosok rambut Anda dengan penuh semangat karena ini akan menyebabkan kerusakan rambut atau lebih buruk.

Gunakan handuk dan bungkus di sekitar rambut Anda untuk dengan lembut sambil memeras kelebihan air. Lakukan ini sampai Anda sudah memeras semua kelebihan air.

Sisir Jari

Setelah Anda menghilangkan kelebihan air dari rambut Anda, gerakkan jari-jari Anda perlahan-lahan ke rambut Anda dan cobalah untuk melepaskannya selembut mungkin. Jangan gunakan sisir pada rambut basah Anda karena akan menyebabkan kerusakan rambut.

Biarkan Rambut Mengering

Anda harus membiarkan rambut Anda kering sendiri. Jangan gunakan blow dryer untuk mengeringkannya. Mengeringkan rambut Anda dengan alat itu mungkin cepat dan mudah dilakukan, tetapi itu tidak baik untuk rambut Anda. Menggunakan alat panas pada rambut basah akan menyebabkan rambut rusak dalam jangka panjang.

Jangan Terlalu Sering Mencuci Rambut

Meskipun tidak ada cara yang pasti untuk mengetahui seberapa sering Anda harus mencuci rambut, itu pasti tidak boleh dilakukan terlalu sering. Mencuci rambut setiap hari itu kurang tepat. Biarkan rambut Anda memberi tahu Anda seberapa sering Anda harus mencucinya. Tidak ada jadwal untuk mencuci rambut Anda. Cuci rambut Anda ketika Anda merasa berminyak dan kotor serta perlu dicuci.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
rambut

Editor : Rustam Agus
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top