Okky Madasari (kanan) saat peluncuran novel Mata dan Manusia Laut bertempat di Galeri Indonesia Kaya, Minggu (19/5).
Entertainment

Okky Madasari Rilis Novel Terbaru, Angkat Kisah Suku Bajo

Syaiful Millah
Senin, 20 Mei 2019 - 11:51
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Penulis Okky Madasari resmi meluncurkan buku ketiga dari serial novel anak Mata Menjelajahi Nusantara yang berjudul Mata dan Manusia Laut dan diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama.

Dua judul sebelumnya dari serial tersebut adalah Mata di Tanah Melus yang pertama dirilis pada Januari 2018 dan Mata dan Rahasia Pulau Gapi yang diterbitkan pada November 2018.

Okky mengatakan bahwa novel anak terbarunya merupakan cerita fiktif dan imajinatif yang tetapi mengambil latar setting di daerah Sulawesi Tenggara, atau lebih tepatnya di Wakatobi.

Dia bercerita awalnya tertegun membaca sebuah artikel ilmiah di media internasional mengenai warga suku Bajo di Sulawesi yang mampu menyelam ke dalam hingga lebih dari 10 menit tanpa perlengkapan renang apapun.

“Saya baca ada artikel di New York Times bahwa ada suku di Indonesia yang punya ukuran limpa 4 kali lebih besar dari manusia normal. Saya sangat tertarik makanya mengangkat kisah tentang itu di novel terbaru Mata dan Manusia Laut,” katanya dalam peluncuran buku, Minggu (19/5).

Untuk itu, Okky sempat berkunjung langsung ke daerah Wakatobi untuk mempelajari lebih lanjut mengenai kehidupan masyarakat Bajo di sana.

“Ada banyak hal unik disana yang sangat menginspirasi. Banyak fakta yang saya temukan dan juga mitos-mitos yang dipercayai oleh masyarakat setempat. Semuanya coba saya ceritakan lewat novel anak ini,” imbuhnya.

Mata dan Manusia Laut sendiri bercerita mengenai perjalanan Matara (tokoh utama) yang bersama ibunya pergi ke kepulauan Sulawei bagian Tenggara. Di sana, Matara bertemu dengan Bambulo, bocah yang sejak balita sudah berenang dan menyelam di laut.

Berawal dari rasa penasaran, kedua bocah itu mengarungi lautan yang memiliki ritme dan irama tersendiri. Akan tetapi, Bambulo melakukan sebuah kelalaian yang menghaidrkan bencana sekaligus petualangan bagi keduanya.

Melalui peluncuran buku terbarunya, Okky berharap bisa membawa para pembaca cilik untuk belajar lebih banyak mengenai sejarah, antropologi, hingga geografi Indonesia, “Saya berharap imajinasi anak bisa semakin lengkap tentang gambaran Tanah Air yang begitu kaya,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Syaiful Millah
Editor : Syaiful Millah
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro