Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KPAI : Penting Mendidik Anak Tentang Kalah dan Menang

Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia Susanto mengatakan dalam setiap kompetisi akan ada dua pilihan; menang dan kalah. Pendidikan terhadap dua hasil tersebut harus diajarkan pada anak agar mudah menerima suatu hasil dalam hidupnya.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 25 Mei 2019  |  23:45 WIB
Ilustrasi - Mirror.co.uk
Ilustrasi - Mirror.co.uk

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia Susanto mengatakan dalam setiap kompetisi akan ada dua pilihan; menang dan kalah. Pendidikan terhadap dua hasil tersebut harus diajarkan pada anak agar mudah menerima suatu hasil dalam hidupnya.

Susanto mengatakan segala kemungkinan akan selalu berpotensi terjadi, termasuk pada anak. Bagaimana pun peran orang tua cukup krusial untuk mengajarkan tentang kalah dan menang. Bagi Susanto, anak Indonesia harus dapat menerima dua kemungkinan itu.

Kendati harus menerima hasil yang didapat, orang tua juga harus mengerti bagaimana memberikan kiat kepada anak agar tetap berusaha maksimal guna mencapai hasil terbaik.

“Anak yang punya kecenderungan sulit menerima kekalahan memiliki faktor beragam. Tidak tunggal. Faktor pengasuhan, faktor teman, faktor lingkungan sosial dan faktor game cukup berkontribusi. Maka, untuk mewujudkan generasi yang sportif, perlu proses dan didikan yang baik,” kata Susanto.

Meski proses pengenalan dan pendidikan bersikap ini cukup ampuh untuk anak-anak, tidak demikian di usia tua.

Psikolog Anak Anastasia Satriyo menyebutkan kepada orang berusia di atas 55 tahun cenderung sulit untuk diperkenalkan kembali soal sikap menerima kegagalan.

Di usia itu butuh sebuah titik balik besar untuk mengubah seseorang agar belajar kembali soal sikap menerima. “Di usia tersebut fungsi kognitifnya juga sudah mulai berkurang dibanding saat masih belia,” sebut Anastasia.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kompetisi parenting
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top