Pentingnya Nutrisi Untuk Perkembangan Daya Pikir Anak

Setiap orang tua tentu ingin buah hatinya tumbuh dan berkembang dengan baik, dalam konteks tubuh yang sehat maupun perilaku dan intelektual yang baik pula. Tumbuh menjadi anak yang hebat.
Syaiful Millah
Syaiful Millah - Bisnis.com 07 Juni 2019  |  21:20 WIB
Pentingnya Nutrisi Untuk Perkembangan Daya Pikir Anak
Anak perlu diarahkan untuk memiliki perkembangan otak yang baik sejak usia dini. - ANTARA/Yulius Satria Wijaya

Bisnis.com, JAKARTA - Setiap orang tua tentu ingin buah hatinya tumbuh dan berkembang dengan baik, dalam konteks tubuh yang sehat maupun perilaku dan intelektual yang baik pula. Tumbuh menjadi anak yang hebat.

Hal ini tentu perlu berbagai upaya yang perlu dilakukan para orang tua untuk mewujudkan hal tersebut. Kendati perkembangan otak, emosi, dan intelektual anak berkembang seiring berjalannya waktu, tapi perlu tindakan tertentu yang dapat menuntut anak tumbuh secara maksimal.

Dokter spesialis nutrisi Saptawati Bardosono mengatakan bahwa anak perlu diarahkan untuk memiliki perkembangan otak yang baik sejak usia dini. Menurutnya, pada usia satu tahun ke atas hingga dua tahun, kemampuan daya pikir, intelektual, emosi, dan sosial berkembang dengan sangat pesat.

Oleh sebab itu, masa ini merupakan langkah awal yang sangat vital bagi orang tua memerhatikan asupan nutrisi anak agar dapat tanggap dalam konteks intelektual dan daya pikir.

Dokter yang akrab di sapa Tati itu menjelaskan telah dikenal secara luas mengenai nutrisi umum, yang mencakup porsi kalori untuk energi; vitamin, mineral, dan serat alamiah dari buah dan sayuran; serta sumber protein dan lemak dari konsumsi lauk.

“Hal ini juga berlaku untuk anak yang sedang dalam perkembangan di golden age dengan porsi yang disesuaikan untuk anak usia 1 atau 2 tahun. Mereka juga perlu kalori, vitamin, dan protein untuk memacu fungsi otak dan organ tubuh lain,” katanya.

Tati menerangkan nutrisi dari makanan akan memengaruhi seluruh organ tubuh. Bagian yang vital adalah saluran pencernaan yang membawa berbagai nutrisi salah satunya ke otak sehingga menentukan intelektual dan daya pikir anak.

Organ saluran pencernaan, lanjutnya, memiliki 60%-70% sel imun dalam tubuh, lebih dari 100 juta neuron, dan menhasilkan 95% serotin tubuh yang apabila semua terjaga dengan baik akan mendorong anak tanggap secara intelektual dan emosional.

Adapun, selain nutrisi umum yang telah disebutkan, Tati menyampaikan ada nutrisi spesifik yang dibutuhkan oleh otak dan saluran cerna anak untuk berfungsi dengan maksimal. Nutrisi spesifik itu adalah asam lemak esensial, asam amino esensial, tambahan vitamin, mineral dan prebiotik.

“Asam lemak esensial seperti AA dan DHA berfungsi untuk mempercepat syaraf respon pada otak, begitu juga dengan asam amino esensial dan prebiotik yang bagus untuk saluran cerna,” ujarnya.

Tati menyebutkan beberapa makanan yang banyak mengandung nutrisi spesifik dan cocok untuk anak berusia 1 sampai 2 tahun yang sedang dalam masa pertumbuhan emas adalah buah-buahan seperti pisang atau papaya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
anak

Editor : Akhirul Anwar
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top