Peringatan Hari Laut Sedunia dan 7 Cara Berkontribusi Melestarikannya

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk turut berkontribusi melestarikan laut, salah satunya mengikuti pedoman kelestarian alam ketika membeli ikan untuk dimakan.
Eva Rianti
Eva Rianti - Bisnis.com 08 Juni 2019  |  16:15 WIB
Peringatan Hari Laut Sedunia dan 7 Cara Berkontribusi Melestarikannya
Ilustrasi - Lautan Pasifik - Bisnis/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Tanggal 8 Juni merupakan peringatan Hari Laut Sedunia. Berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia memperingati hari tersebut.

Hari Laut Sedunia merupakan perayaan yang didedikasikan khusus untuk menghargai laut yang terbentang luas di dunia. Peringatan ini menjadi momentum untuk menyadarkan masyarakat dunia tentang pentingnya menjaga kelestarian laut.

Pertama kalinya, Hari Laut Sedunia diperingati pada Earth Summit di Rio de Janeiro, Brasil pada 1992. Peringatan ini kemudian disahkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada akhir 2008 dan diperingati oleh berbagai negara di dunia.

Tahun ini, Hari Laut Sedunia mengusung tema Gender and Ocean yang memiliki makna untuk mengajak semua kalangan, baik laki-laki maupun perempuan untuk menjaga kelestarian laut.

Untuk memperingati Hari Laut Sedunia, banyak cara yang bisa dilakukan. Tak harus komunitas pecinta laut atau pelestari alam, namun siapa saja bisa melakukannya. Berikut beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk berkontribusi melestarikan laut pada Hari Laut Sedunia, mengutip informasi dari Genpi, yang dikutip, Sabtu (8/6/2019):

Pertama, mengikuti pedoman kelestarian alam ketika membeli ikan untuk dimakan sehingga perusahaan penangkapan ikan ilegal tidak laku.

Kedua, minimalkan penggunaan kantong plastik dengan menggunakan tas yang dapat digunakan kembali untuk belanja.

Ketiga, menggunakan angkutan umum untuk mengurangi polusi udara dari emisi kendaraan bermotor.

Keempat, menghemat air dan energi.

Kelima, mendaur ulang plastik dan produk lainnya.

Keenam, mendukung upaya pemerintah untuk menetapkan wilayah laut yang dilindungi (Marine Protected Areas/ MPA).

Ketujuh, membantu lembaga swadaya masyarakat yang ditujukan untuk konservasi dan kelestarian laut dengan menyumbangkan waktu dan uang.

Mari bersama-sama melestarikan laut!

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pbb, laut

Editor : Yusuf Waluyo Jati
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top