Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Potongan Rambut Komposer Beethoven Dilelang Rp270 Juta

Rumah lelang Inggris Sotheby dikabarkan melelang potongan rambut Ludwig van Beethoven yang dipotong sendiri oleh sang komposer Jerman dan diberikan kepada seorang pianis pada 1826.
Eva Rianti
Eva Rianti - Bisnis.com 12 Juni 2019  |  09:52 WIB
Sumber: Reuters
Sumber: Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Rumah lelang Inggris Sotheby dikabarkan melelang potongan rambut Ludwig van Beethoven yang dipotong sendiri oleh sang komposer Jerman dan diberikan kepada seorang pianis pada 1826.

Harga potongan rambut tersebut diperkirakan mencapai 15.000 pound (US$19.000) atau setara dengan Rp270 juta. Namun, Direktur Buku dan Manuskrip di Shoteby Simon Maguire mengungkapkan bahwa harga penjualannya bisa lebih tinggi dari itu.

“Sudah ada cukup banyak minat,” ujarnya, dilansir dari Reuters, Selasa (12/6/2019).

Maguire menceritakan kisah di balik benda tersebut. Dia mengatakan, pianis Austria Anton Halm telah meminta seikat rambut untuk diberikan kepada istrinya sebagai kenang-kenangan. Namun, pelayan Beethoven malah mengirim rambut kambing sehingga membuatnya naik pitam.  

“Dan Beethoven kemudian memberi Halm, di selembar kertas, seikat rambut yang dia potong sendiri dari  belakang kepalanya, dan dia mengatakan yang ini setidaknya asli,” jelas Maguire.

Halm kemudian memberikan seikat rambut Beethoven kepada seorang murid yang juga seorang profesor piano di Konservatorium Wina bernama Julius Epstein. Keasliannya dikonfirmasi oleh Alexander Wheelock Thayer, penulis biografi Beethoven yang pertama.

Sebelumnya, Shoteby telah melelang rambut Beethoven yang lebih kecil, yang diambil di ranjang kematiannya setahun kemudian pada 1827, serta rambut komposer lainnya yakni Frederic Chopin dan Wolfgang Amadeus Mozart dan pahlawan angkatan laut Inggris Horatorio Nelson.

“Yang ini (akan dilelang pada hari Selasa) tidak biasa karena memiliki cerita awal yang sangat substansial,” terang Maguire, menambahkan bahwa rambut lain yang dijual dalam lelang sebagian besar telah dikurangi menjadi beberapa helai.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

beethoven
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top