Ilustrasi/Fournier
Relationship

Manfaat Bekerja Sambil Kuliah

Mia Chitra Dinisari
Senin, 17 Juni 2019 - 10:25
Bagikan

Bagian 1

Pekerjaan yang berhadapan dengan pelanggan (contohnya kasir, sales ritel, barista, pelayan, pengiriman makanan)

  Layanan pelangganSebagai salah satu keterampilan terpenting yang dapat dipelajari siapa pun, layanan pelanggan tidak hanya sesuai bagi mahasiswa yang berencana untuk memasuki profesi yang berhadapan dengan pelanggan ketika mereka lulus
. Jika Anda melihat diri Anda bekerja di perusahaan komersial apa pun yang menjual produk atau layanan, Anda akan bersyukur memiliki pengalaman menangani pelanggan.

Komunikasi
Keterampilan komunikasi tidak terbatas pada keterampilan bahasa, meskipun menjadi fasih berbicara jelas merupakan bonus. Beberapa hal yang menjadikan Anda seorang komunikator yang baik misalnya terus memberikan update tentang status tugas Anda kepada anggota tim dan atasan Anda, dan juga menjaga komunikasi Anda tetap jelas dan singkat. Miskomunikasi dapat menyebabkan kesalahan yang merugikan dan menjadi masalah operasional jika dibiarkan tidak terkendali.

Akuntabilitas (Dapat Diandalkan)
Pekerjaan penanganan uang tunai dalam operasi ritel atau makanan & minuman adalah cara yang bagus untuk mempelajari akuntabilitas. Jika Anda terbiasa mengelola uang tunai setiap hari dan memastikan bahwa setiap perak dihitung, hal ini memberi kesan kepada calon pemberi kerja bahwa Anda dapat diandalkan dan ahli dalam angka.

Bekerja di bawah tekanan
Sebagian besar pekerjaan yang berhadapan dengan pelanggan juga membutuhkan kemampuan untuk tetap tenang dan menguasai diri ketika masalah muncul. Menghadapi pelanggan yang marah dan menyerang Anda langsung tentang layanan buruk yang ia terima bisa sangat membingungkan, dapat juga mengintimidasi. Menghadapi situasi yang penuh tekanan ini akan membantu Anda menjadi 'kebal' terhadap pelanggan yang marah dan memungkinkan Anda untuk tetap memegang kendali sambil meredakan situasi.

Pemecahan masalah yang kreatif
Saat Anda dihadapkan dengan pelanggan yang frustrasi dan tidak bahagia, Anda merasa ingin segera menuntaskan masalah dengan kreatif dan menghadirkan solusi saat itu juga. Ini cara yang bagus untuk menguji kemampuan Anda untuk berpikir dan mengasah insting kreatif Anda. Anda mungkin menemukan bahwa Anda sangat pandai menangani situasi sulit.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro