Ilustrasi/Hrinasia
Relationship

Manfaat Bekerja Sambil Kuliah

Mia Chitra Dinisari
Senin, 17 Juni 2019 - 10:27
Bagikan

Bagian 2

Layanan freelance atau penjualan online (contohnya penulis naskah lepas, desainer grafis, pemasar media sosial, desainer web, dll)

Branding
Ketika Anda memberikan layanan freelance atau menjalankan toko online Anda sendiri, Anda akan segera menyadari bahwa branding memainkan peran penting dalam membangun basis pelanggan Anda dan menghasilkan minat pada layanan atau produk Anda. Branding, bila dilakukan dengan benar, melibatkan presentasi nama bisnis dan aspek visual yang koheren. Ini termasuk logo dan desain situs web, serta nilai-nilai merek yang jelas dan pesan yang konsisten untuk menggambarkan identitas merek yang kuat.

Pemasaran web
Internet telah menghilangkan batas-batas geografis dan membuat dunia jauh lebih kecil, secara efektif memungkinkan kita menemukan produk dan layanan hanya dengan beberapa penekanan tombol. Di sisi lain, internet juga merupakan tempat yang sangat bising karena merupakan pasar terbuka bagi siapa saja dan semua orang yang memiliki sesuatu untuk dijual.
Anda akan segera mempelajari pentingnya praktik pemasaran web yang baik seperti mengatur situs web profesional, memilih templat desain yang tepat untuk menampilkan produk dan/atau layanan Anda, memposting blog reguler dengan konten yang bermakna dan bermanfaat, pemasaran media sosial, dan banyak lagi.

Keterampilan wirausaha
Tidak ada cara yang lebih baik untuk mengasah keterampilan kewirausahaan Anda selain memulai dengan bekerja freelance atau menjalankan usaha mikro. Dengan menjadi bos Anda sendiri, Anda akan belajar keterampilan mendasar dalam menjalankan bisnis dari bawah ke atas. Keterampilan ini mencakup pengembangan produk dan layanan, penetapan harga, penjualan, branding, dan pemasaran (seperti yang dijelaskan di atas), layanan pelanggan, dan logistik (jika Anda berurusan dengan produk fisik).

Manajemen ekspektasi pelanggan
Kunci untuk kepuasan pelanggan terletak pada manajemen ekspektasi pelanggan. Jadikan sebagai misi Anda untuk tidak menjanjikan berlebihan dan memberikan lebih dari yang kita janjikan, dan dijamin pelanggan Anda akan bahagia setiap saat. Tentu saja lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, ketika pelanggan mendesak Anda untuk menyetujui persyaratan layanannya dan Anda terpaksa untuk mengatakan ya demi kesepakatan.

Manajemen waktu
Menjadi seorang freelancer adalah ujian penting untuk disiplin dan manajemen waktu. Anda adalah bos Anda sendiri. Anda memutuskan kapan Anda ingin bekerja dan seberapa banyak Anda ingin bekerja. Itu semua luar biasa, kecuali ketika Anda berjanji untuk memberikan layanan pada tanggal tertentu, pelanggan Anda akan memegang janji itu. Gagal memenuhi yang dijanjikan dan reputasi (dan bisnis) Anda akan mengalami masalah.
 
Jika Anda ingin memiliki keunggulan dalam mencari pekerjaan saat Anda lulus nanti, cobalah menjadi freelancer atau mulai bisnis mikro. Anda tidak hanya akan memperoleh keterampilan kewirausahaan langsung yang berharga ketika menjadi mahasiswa yang bekerja, Anda juga akan memiliki kepercayaan diri yang baru akan kemampuan Anda. Percaya diri mungkin hal kecil, tetapi memberikan perbedaan besar akan pandangan kita terhadap kehidupan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

3 dari 3 halaman
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro