Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

KPAI : Jangan Libatkan Anak Saat Sikapi Hasil Putusan MK

KPAI Susanto meminta masyarakat tidak melibatkan anak dalam menyikapi hasil keputusan MK terhadap gugatan sengketa pemilihan presiden.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 28 Juni 2019  |  20:59 WIB
Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman membacakan putusan sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Presiden dan Wakil Presiden 2019 di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Kamis (27/6/2019). - Antara/Hafidz Mubarak
Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman membacakan putusan sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Presiden dan Wakil Presiden 2019 di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Kamis (27/6/2019). - Antara/Hafidz Mubarak

Bisnis.com. JAKARTA – Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto meminta masyarakat tidak melibatkan anak dalam menyikapi hasil keputusan Mahkamah Konstitusi terhadap gugatan sengketa pemilihan presiden.

Susanto menyebut anak rentan disalahgunakan termasuk saat menyikapi sesuatu yang berkaitan dengan politik.

Dalam beberapa aksi massa sebelum dan sesudah pemilihan presiden 17 April 2019 lalu, anak kerap kali dilibatkan oleh orang tua.

"Kami mengimbau kepada semua pihak agar tidak menyalahgunakan anak untuk kepentingan menyikapi hasil putusan MK. Anak memiliki hak untuk tumbuh kembang dengan baik tanpa infiltrasi kepentingan politik," paparnya pada Jumat (28/6/2019).

Apalagi, lanjutnya, Tim Kampanye Nasional Capres Cawapres 01 Joko Widodo - Ma'ruf Amin dan Badan Pemenangan Nasional Capres Cawapres 02 Prabowo Subianto - Sandiaga Uno telah sepakat untuk tidak menyalahgunakan anak dalam kegiatan politik termasuk menyikapi sengketa hasil Pilpres di Kantor KPAI tgl 17 Mei 2019.

Sebelumnya, Mahkamah Konstitusi (MK) dalam sidang putusan sengketa Pilpres 2019 pada Kamis (27/6/2019) malam, pukul 21.16 WIB, menolak seluruh permohonan gugatan hasil Pilpres 2019 yang diajukan pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

Putusan ini langsung direspons oleh pasangan tersebut. Prabowo menyebut sesuai dengan kesepakatan sejak awal, pihaknya menghormati keputusan yang dikeluarkan MK. Meski demikian. pihaknya tetap kecewa dengan hasil putusan itu.

Setelah putusan itu, proses selanjutnya adalah penetapan Capres-Cawapres terpilih. Agenda ini dijadwalkan berlangsung di Kantor KPU pada Minggu (30/6/2019).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

anak-anak Sidang MK
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top