Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini

Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sebelum masuk ke jenjang pendidikan dasar. Dewasa ini, banyak orang tua yang memasukkan anak-anaknya ke institusi PAUD.
Syaiful Millah
Syaiful Millah - Bisnis.com 04 Juli 2019  |  15:30 WIB
Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini
Anak-anak menunggu waktu berbuka puasa - JIBI/Dwi Prasetya
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sebelum masuk ke jenjang pendidikan dasar. Dewasa ini, banyak orang tua yang memasukkan anak-anaknya ke institusi PAUD.

Pemerhati PAUD sekaligus Founder Resourceful Parenting Andyda Meliala mengatakan bahwa PAUD merupakan tahapan yang penting dalam tumbuh kembang anak, khususnya dalam hal pendidikan hingga masa mendatang.

Menurutnya, ada tiga alasan mengenai hal tersebut. Pertama, PAUD merupakan fondasi awal belajar anak secara formal. Kedua, sebagai sarana menyiapkan anak ke jenjang pendidikan berikutnya yakni Sekolah Dasar (SD). Ketiga, fondasi penting bagi fungsi ekskutif otak anak.

Adapun, dia menjelaskan fungsi eksekutif otak berupa pengendalian diri, ingatan untuk bekerja (working memory), dan fleksibilitas mental.

“Tiga hal tersebut adalah fungsi dasar yang akan membantu anak meraih apa yang disebut higher order thinking yaitu kemampuan memecahkan masalah, merencanakan, dan memiliki pikiran yang baik. Semua itu akan sangat baik bila dilatih sejak dini sehingga mereka tumbuh dengan kebiasaan yang positif,” katanya di Jakarta, Kamis (4/7/2019).

Andyda menambahkan bahwa karakteristik anak usia PAUD adalah aktif bergerak, bermain sebagai cara belajar, dan menyerap segala sesuatu yang dialami.

Untuk itu, dia menyarankan agar orang tua selalu memerhatikan aktivitas anak usia tersebut. Caranya, dengan selalu mengajak anak berkomunikasi dan meminta mereka menceritakan apa yang dialaminya pada saat tidak bersama orang tua.

“Ajak anak bercerita dengan cara yang baik. Hal ini sangat positif selain untuk mengetahui kondisi mereka, juga untuk membiasakan anak berkomunikasi dan melatih kemampuannya,” katanya.

Dia juga menyarankan para orang tua untuk aktif berdialog dengan guru PAUD anak-anak mereka. Pasalnya, mau bagaimana pun, guru juga memiliki peran dan mengetahui hal-hal yang terjadi pada anak saat sekolah atau saat orang tuanya tidak menemani.

“Saya selalu bilang bahwa investasi terbaik pada anak dilakukan sejak mereka usia dini, yakin deh itu tidak akan pernah rugi,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pendidikan anak parenting
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top