Anak-anak menunggu waktu berbuka puasa/JIBI-Dwi Prasetya
Health

Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini

Syaiful Millah
Kamis, 4 Juli 2019 - 15:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sebelum masuk ke jenjang pendidikan dasar. Dewasa ini, banyak orang tua yang memasukkan anak-anaknya ke institusi PAUD.

Pemerhati PAUD sekaligus Founder Resourceful Parenting Andyda Meliala mengatakan bahwa PAUD merupakan tahapan yang penting dalam tumbuh kembang anak, khususnya dalam hal pendidikan hingga masa mendatang.

Menurutnya, ada tiga alasan mengenai hal tersebut. Pertama, PAUD merupakan fondasi awal belajar anak secara formal. Kedua, sebagai sarana menyiapkan anak ke jenjang pendidikan berikutnya yakni Sekolah Dasar (SD). Ketiga, fondasi penting bagi fungsi ekskutif otak anak.

Adapun, dia menjelaskan fungsi eksekutif otak berupa pengendalian diri, ingatan untuk bekerja (working memory), dan fleksibilitas mental.

“Tiga hal tersebut adalah fungsi dasar yang akan membantu anak meraih apa yang disebut higher order thinking yaitu kemampuan memecahkan masalah, merencanakan, dan memiliki pikiran yang baik. Semua itu akan sangat baik bila dilatih sejak dini sehingga mereka tumbuh dengan kebiasaan yang positif,” katanya di Jakarta, Kamis (4/7/2019).

Andyda menambahkan bahwa karakteristik anak usia PAUD adalah aktif bergerak, bermain sebagai cara belajar, dan menyerap segala sesuatu yang dialami.

Untuk itu, dia menyarankan agar orang tua selalu memerhatikan aktivitas anak usia tersebut. Caranya, dengan selalu mengajak anak berkomunikasi dan meminta mereka menceritakan apa yang dialaminya pada saat tidak bersama orang tua.

“Ajak anak bercerita dengan cara yang baik. Hal ini sangat positif selain untuk mengetahui kondisi mereka, juga untuk membiasakan anak berkomunikasi dan melatih kemampuannya,” katanya.

Dia juga menyarankan para orang tua untuk aktif berdialog dengan guru PAUD anak-anak mereka. Pasalnya, mau bagaimana pun, guru juga memiliki peran dan mengetahui hal-hal yang terjadi pada anak saat sekolah atau saat orang tuanya tidak menemani.

“Saya selalu bilang bahwa investasi terbaik pada anak dilakukan sejak mereka usia dini, yakin deh itu tidak akan pernah rugi,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Syaiful Millah
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro