Penjualan Tiket Bioskop Global Turun, Paling Besar di AS

Para penggemar film di dunia menghabiskan sekitar US$19 miliar untuk membeli tiket bioskop selama pertengahan awal tahun ini. jumlah tersebut turun dari periode yang sama tahun lalu yang mencapai US$20,2 miliar.
Syaiful Millah
Syaiful Millah - Bisnis.com 06 Juli 2019  |  12:07 WIB
Penjualan Tiket Bioskop Global Turun, Paling Besar di AS
Film Game of Thrones - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Box Office global mengalami penurunan penjualan tiket sebesar 6% dalam kurun waktu 6 bulan atau semester pertama tahun ini.

Dilansir dari The Guardian, Sabtu (6/7/2019) para penggemar film di dunia menghabiskan sekitar US$19 miliar untuk membeli tiket bioskop selama pertengahan awal tahun ini. Jumlah tersebut turun dari periode yang sama tahun lalu yang mencapai US$20,2 miliar.

Para analis menilai, penggemar film di seluruh dunia mulai mengalami kebosanan terhadap sejumlah film waralaba selama periode ini, misalnya Men in Black, Godzilla, How to Train Your Dragon, dan Lego the Movie.

Hasilnya, judul terbaru dari film waralaba atau franchise itu gagal memenuhi harapan dan mendapatkan hasil yang kurang memuaskan dari para penggemar di pasaran global.

Kemerosotan paling dalam terjadi di box office Amerika Serikat. Pasar film terbesar di dunia itu mengalami penurunan pendapatan dari tiket sebesar 9,4% menjadi US$5,6 miliar selama semester pertama tahun ini.

Selain itu, jumlah tiket yang terjual di Amerika Serikat juga turun cukup drastis, yakni 8% menjadi 623,6 juta tiket dalam kurun waktu yang sama.

Industri film global sedang berjuang untuk mengimbangi pendapatan pada 2018 yang telah memecahkan rekor box office sebelumnya. Pada tahun ini, sebagian besar pendapatan disumbangkan oleh film Black Panther dan Avengers: Infinity Wars.

Selain itu, industri ini juga tengah menghadapi persaingan yang kian ketat dengan perusahaan layanan streaming video seperti Netflix dan Amazon yang telah ada serta Disney dan Apple yang akan segera merilis layanan mereka.

Tak hanya itu saja, para perusahaan televisi tradisional juga mulai melakukan investasi besar-besaran untuk menampilkan tayangan terbaik. Misalnya saja HBO dengan mega hitnya Game of Thrones dan Big Little Lies.

Kendati begitu, para analis juga mengatakan bahwa ada tanda-tanda positif dari pemulihan bioskop tahun ini dengan peluncuran Avengers: Endgame sebagai film terlaris kedua sepanjang masa yang memberikan kontribusi sangat besar.

Beberapa film yang akan dirilis pada semester kedua tahun ini juga dianggap memiliki potensi besar untuk menyumbangkan total pendapatan box office tahunan, seperti The Lion King, Joker, Frozen 2, Downton Abbey, Jumanji: The Next Level, Hobbs & Shaw, dan Star Wars: the Rise of Skywalker.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Film, bioskop

Editor : Akhirul Anwar
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top