Seorang ibu menyusui bayinya./Istimewa
Health

Tahukah Kamu? Agustus Bulan Lahir Terbanyak orang di Dunia

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 10 Juli 2019 - 14:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Setiap harinya ada ratusan bahkan ribuan bayi lahir di seluruh dunia. Tapi, tahukah Anda kapan sebenarnya kebanyakan bayi di dunia lahir?

Pusat pengendalian & pencegahan penyakit di Amerika Serikat memaparkan angka kelahiran berdasarkan data bulan yang menunjukkan Juli hingga Oktober cenderung menjadi bulan kelahiran paling populer di Amerika Serikat.

Namun, di India dan Cina yang merupakan negara dengan populasi terbesar di dunia, Agustus merupakan bulan lahir bayi terbanyak masing-masing sebesar 19,5% dan 11,6% bayi. 

Data yang ditangkap oleh Sistem Informasi Manajemen Kesehatan pemerintah masing-masing negara dimana melacak bahwa ada 21,2 juta kelahiran pada 2015-2016. 85% dari semuanya, di India. Dan kebanyakan bayi tersebut lahir di bulan Agustus, demikian seperti dikutip dari myschoolcon.com

Mengapa Agustus?

Musim dan kondisi cuaca berperan dalam kelahiran, menurut Paul Sutton, ahli demografi statistik kesehatan CDC. Dia berteori bahwa ketika air raksa turun di akhir musim gugur dan musim dingin, segalanya memanas di rumah ketika orang-orang menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan.

Statistik persalinan di seluruh dunia bervariasi dengan faktor iklim dan budaya yang memengaruhi waktu konsepsi dan kelahiran di negara lain.

Sebagai contoh, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Kesehatan Kerja dan Lingkungan di Kota Kitakyushu, Jepang, mencatat bahwa Jepang mengalami dua puncak tingkat kelahiran sepanjang satu tahun yang berlangsung dari Desember hingga Februari, dan yang lainnya pada Agustus dan September. Para peneliti berspekulasi bahwa popularitas pernikahan musim semi di Jepang dan variasi suhu musiman keduanya dapat berperan dalam waktu puncak ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro