Penggemar menggunakan kostum menunggu pemain fim The Avengers:Endgame di karpet merah pemutaran perdana di Los Angeles, California pada Senin (22/4/2019)./REUTERS-Mario Anzuoni.
Entertainment

Kuartal II 2019, Industri Perfilman AS Mulai Tertekan

Syaiful Millah
Jumat, 19 Juli 2019 - 21:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – National Association of Theatre Owners (NATO) menyatakan penerimaan film di Amerika Serikat mengalami penurunan 2,5% pada kuartal kedua tahun ini menjadi US$347,8 juta dengan penerimaan box office yang juga menurun 3,8% menjadi US$3,22 miliar.

Tak hanya itu, NATO juga mencatat penurunan harga tiket secara keseluruhuan sebesar 1,3% menjadi US$9,26 dibandingkan dengan kuartal yang sama pada tahun sebelumnya.

Vice President and Chief Communications Officer NATO mengatakan bahwa harga rata-rata tiket bioskop telah mengalami penurunan selama empat kuartal terkahir. Menurutnya, hal tersebut didorong oleh para penonton film yang mulai menggunakan program berlangganan.

“Kami mungkin melihat efek dari program berlangganan yang dikombinasikan dengan bauran produk di kuartal tahun ini,” katanya seperti dikutip Variety, Kamis (19/7/2019).

Kendati begitu, NATO mencatat bahwa kuartal kedua ini mewakili kinerja yang jauh lebih baik daripada kuartal sebelumnya dengan penurunan yang suram yakni sebesar 14,8% untuk penerimaan film dan 16,19% untuk box office.

Penurunan ini tetap terjadi kendati ada unsur kuat yang menopang yakni dari film Marvel dan Disney Avengers: Endgame dengan pendapatan domestic mencapai US$852,5 juta, Captain Marvel dengan US$426,8 juta, Toy Story 4 dengan US$354,4 juta, dan Aladdin dengan US$334 juta.

NATO mengungkapkan bahwa kecil kemungkinannnya tahun ini akan mengalahkan rekor penerimaan dan box office Amerika Serikat tahun lalu yang meloncak mencapai US$11,85 miliar. Selain itu, pada tahun lalu harga tiket rata-rata juga mengalami kenaikan 1,6% menjadi US$9,11.

Laporan terbaru tersebut juga menunjukkan bahwa kelompok demografis terbesar untuk film berada pada rentang usia 18-24 tahun dan 25-34 tahun. Dua kelompok tersebut menyumbang sekitar setengah dari total pendapatan bioskop di kuartal ini dengan masing-masing mencapai 26,6% dan 23,4%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Syaiful Millah
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro