Satu Ukuran Tidak Cocok Untuk Semua Kebutuhan

Apa saja sebenarnya manfaat ruang kerja yang dapat disesuaikan? Kami meminta dua perusahaan yang menyewa ruang kantor di salah satu Pusat Regus untuk menjawab pertanyaan tersebut.
MediaDigital
MediaDigital - Bisnis.com 12 Agustus 2019  |  07:59 WIB

Bisnis.com, JAKARTA -- Dua bisnis ini sekilas terlihat sama. Misalnya, mereka bisa jadi punya jumlah staf dan cara penggunaan ruang kantor yang serupa.

Namun demikian, industri, pola kerja, operasi, kebutuhan teknologi, tingkat interaksi dengan pelanggan, dan budaya perusahaan yang berbeda satu sama lain memengaruhi cara mereka menggunakan ruang kerja guna mencapai tujuan.

Salah satu kekurangan ruang kantor konvensional adalah ketidakmampuannya untuk memenuhi kebutuhan khusus bisnis.

Ruang kerja semestinya tidak mengatur cara kerja perusahaan, tetapi sebaliknya.

Dua puluh menit dari pusat kota Brussel terletak Regus Groot-Bijgaarden. Dua dari sekian banyak penyewanya adalah perusahaan perekrutan QIS Jobs dan agen properti Morgan’s Real Estate.

Dari yang awalnya hanya dijalankan oleh satu orang, kini kedua bisnis ini masing-masing sudah memiliki tim beranggotakan empat hingga lima orang.

QIS Jobs awalnya menggunakan ruang coworking, lalu beralih ke kantor pribadi di pusat Regus.

"Saat anggota tim kami bertambah jadi lima orang, kami mengganti paket coworking Regus dengan menyewa kantor pribadi di gedung yang sama guna memberikan privasi yang lebih baik saat menemui kandidat," ujar Yves Vannerom, Chief Happiness Officer, QIS Jobs.

"Proses pengalihannya sangat mudah," tambahnya.

Sementara itu, Morgan Cornelis, pendiri Morgan's Real Estate awalnya mengoperasikan bisnis dari rumah sebelum menyewa ruang kantor pribadi.

"Kami tak punya uang untuk mendirikan kantor properti tetapi, dalam waktu tiga hingga empat tahun, anggota tim broker kami bertambah jadi empat orang sehingga pada tahun 2018 kami pindah ke pusat Regus," ujar Cornelis.

"Saya mau setiap anggota tim memiliki meja kerjanya sendiri, jadi kami memilih ruang kantor pribadi berukuran 24 meter persegi di pusat Regus," katanya.

Persamaan kedua perusahaan ini adalah kebutuhannya untuk mengakomodasi pelanggan serta menggunakan Dapur dan area lain.

"Kami butuh tempat yang memungkinkan kami bertemu kandidat," ujar Vannerom dari QIS Jobs.

Cornelis mengatakan bahwa para karyawan Morgan's Real Estate juga menemui pelanggan di ruang rapat bersama atau di area dapur.

Akan tetapi, kebutuhan utama bisnis mereka adalah akses ke pusat-pusat Regus di wilayah lain di Brussel.

Baik QIS Jobs maupun Morgan's Real Estate menyatakan bahwa memiliki banyak ruang kerja di sekeliling mereka adalah nilai tambah.

Adanya ruang kerja tersebut memungkinkan mereka bekerja dengan lebih efisien dan memberikan fleksibilitas bagi staf.

Alih-alih memiliki struktur kantor satu ukuran untuk semua kebutuhan, ruang kerja semestinya dapat disesuaikan untuk peningkatan dan penurunan ukuran bisnis, pergantian prioritas, atau pengaturan kerja yang memungkinkan karyawan jadi lebih produktif.

Daripada membatasi diri dengan kontrak jangka panjang yang ketat untuk pemakaian ruang kantor konvensional, mungkin ini saatnya Anda beralih ke ruang yang lebih fleksibel – dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Ketahui selengkapnya regus.co.id

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
ruang kantor, regus, coworking space

Editor : MediaDigital

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top