Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

2019, Tahun Pencapaian Terbesar Marvel Cinematic Universe

Kinerja waralaba Marvel Cinematic Universe tahun ini bisa dibilang merupakan pencapaian yang fantastis bagi perusahaan maupun industri perfilman.
Syaiful Millah
Syaiful Millah - Bisnis.com 16 Agustus 2019  |  20:39 WIB
2019, Tahun Pencapaian Terbesar Marvel Cinematic Universe
Chris Hemsworth (dari kiri ke kanan), Chris Evans, Robert Downey Jr., Scarlett Johansson, dan Mark Rufallo memperlihatkan tangan setelah mencetak telapak tangan mereka di semen dalam sebuah perayaan di Hollywood, Los Angeles, California pada Selasa (23/4/2019). - REUTERS_Mario Anzuoni
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kinerja waralaba Marvel Cinematic Universe tahun ini bisa dibilang merupakan pencapaian yang fantastis bagi perusahaan maupun industri perfilman.

Seperti diketahui, Marvel pada tahun ini merilis beberapa judul film fenomenal yakni Captain America pada Maret, Avengers; Endgame pada April, dan Spider-Man: Far From Home juga pada April.

Ketiga film tersebut mendapatkan sambutan yang positif dari para penggemarnya di seluruh dunia. Bagaimana tidak, hanya dengan tiga judul tersebut MCU telah melewati batas pendapatan lebih dari US$5 miliar.

Berdasarkan catatan dari Box Office Mojo, Captain Marvel mengumpulkan US$1,128 miliar sejak pertama kali dirilis, Avengers: Endgame meraup total US$2,795 miliar termasuk perilisan ulangnya, dan Spider-Man: Far From Home dengan pendapatan US$1,098.

Hal ini berarti secara keseluruhan, Marvel telah mengumpulkan pendapatan sekitar US$5,021 miliar di seluruh dunia dalam waktu kurang dari 1 tahun. Angka ini menjadikannya sebagai tahun terbaik Marvel sejak pertama kali memulai debutnya pada 2008.

Ketiga film tersebut juga berhasil melampaui pendapatan US$1 miliar, menjadikan Marvel memiliki 9 judul film dengan penghasilan tersebut. Keenam judul lainnya adalah The Avengers, Iron Man 3, Avengers: Age of Ultron, Captain America: Civil War, Black Panther, dan Avengers: Infinity War.

Tak hanya itu, sebagaimana diketahui bahwa Avengers: Endgame juga berhasil menggeser posisi Avatar sebagai film paling laris di dunia, memuncaki Box Office global sejak 10 tahun terakhir tahta tersebut tak terusik. Hal tersebut diumumkan langsung Kevin Feige, Presiden Marvel Studio dalam ajang San Diego Comic-Con beberapa waktu lalu.

Dalam ajang tersebut, Marvel juga secara resmi menutup fase ketiga MCU dan mengumumkan fase keempat yang menandai era baru Marvel. Akan sangat menarik untuk melihat bagaimana kinerja waralaba secara komersial di tahun mendatang dibandingkan dengan tiga fase sebelumnya.

Tentu bukan hal mudah bagi Marvel untuk memecahkan telurnya sendiri atas pencapaian yang didapatkan pada tahun ini. Merilis tiga film dengan masing-masing mendapatkan penghasilan diatas US$1 miliar bukan hal mudah dalam industri film yang kian ketat.

Namun bagaimana pun, ada banyak hal yang patut dinantikan dari MCU fase keempat dengan diumumkannya judul-judul anyar yakni Black Widow, The Eternals, Shang Chi and the Legend of the Ten Rings, Doctor Strange in the Multiverse of Madness, dan Thor: Love and Thunder yang merupakan film layar lebar.

Selain itu, ada juga lima judul serial yang akan tayang di Disney+ dan diklaim beberapa diantaranya memiliki keterkaitan dengan film bioskop, yakni The Falcon and the Winter Soldier, Wanda Vision, Loki, What if, dan Hawkeye.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Film marvel
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top