Akordeon Meksiko Celso Pina Meninggal di Usia 66 tahun

Musisi Meksiko Celso Pina meninggal pada usia 66 tahun, Rabu, 21 Agustus 2019 akibat serangan jantung di kota asalnya di Monterrey, Meksiko.
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 22 Agustus 2019  |  13:48 WIB
Akordeon Meksiko Celso Pina Meninggal di Usia 66 tahun
sumber: Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Musisi Meksiko Celso Pina meninggal pada usia 66 tahun, Rabu, 21 Agustus 2019 akibat serangan jantung di kota asalnya di Monterrey, Meksiko.

Pina terkenal dengan sebutan "akordeon pemberontak" karena mencampur gaya eklektik dengan cumbia tradisional Kolombia,

Dengan minat pada genre mulai dari ska hingga hip-hop, Pina berkolaborasi dengan sejumlah artis rock besar Meksiko termasuk Cafe Tacvba, Lila Downs dan Julieta Venegas. Pada 2002 album solonya "Barrio Bravo" dinominasikan untuk Grammy Latin.

Komposer dan penyanyi ini mulai bermain musik dengan saudara-saudaranya yang tumbuh di Monterrey dekat perbatasan utara. Dia memilih menekuni dunia akordeon di akhir usia 20-an, dan masih di Monterrey, belajar gaya vallenato yang terkenal di Kolombia, yang menjadi pusat genre cumbia melenting.

"Tidak ada yang bisa menolak cumbia," tulis Pina dalam tweet terakhirnya sebelum kematiannya, sebelum konser yang direncanakan di Amerika Serikat, salah satu dari sekitar 30 negara yang telah dia kunjungi, menurut profilnya di platform streaming musik Spotify.

"Pemberontak akordeon telah meninggalkan kita. Musiknya menyatukan budaya Amerika Latin dan memikat orang Amerika," tulis Kedutaan Besar AS di Meksiko di Twitter, dilansir Reuters.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
musisi

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top