Health

Spontanitas Kunci Berkesenian Anak-Anak

Dionisio Damara
Minggu, 1 September 2019 - 03:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Spontanitas anak-anak menjadi kunci dalam berkesenian karena dapat memicu kejujuran dan kreatifitas, sehingga karya yang dihasilkan lebih variatif, unik, sekaligus eksentrik.

"Spontanitas penting bagi anak-anak karena mereka belum banyak menyimpan sejarah pribadi. Oleh karena itu, imajinasi mereka itu sangat langka," kata kritikus seni Agus Dermawan di Gedung Masterpiece, Jakarta Pusat, Sabtu (31/8/2019).

Agus mengungkapkan hal tersebut lantaran guru di tempat belajar melukis anak-anak justru membentengi spontanitas mereka, sehingga mengakibatkan gambar yang dihasilkan cenderung bertema seragam.

"Ini karena para guru berkutat pada kaidah teknik dan tema-tema tertentu, sehingga gambar yang dihasilkan tidak bervariasi," kata Agus.

Dia menambahkan, spontanitas berkesenian bagi anak-anak merupakan kunci penting dalam memicu kreatifitas. Dampaknya, anak-anak menjadi lebih ekspresif, jujur, dan tidak terhalang oleh kaidah-kaidah estetika. 

Sementara menurut kurator seni rupa Mikke Susanto, hal terpenting dalam melukis adalah membuat karya seni yang mamou merespons peristiwa atau fenomena di sekeliling kita. 

"Daya kritis untuk menanggapi berbagai peristiwa itu perlu ditanamkan sejak kecil. Sementara untuk teknik melukis, itu dapat belajar pelan-pelan," ujar Mikke yang juga dosen seni rupa di Institut Seni Indonesia (ISI) Jogjakarta.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dionisio Damara
Editor : Sutarno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro