Apakah Bicara Sendiri Tanda Gangguan Mental? Faktanya...

Berbicara pada diri sendiri baik dengan bahasa verbal yang terucap, maupun berbicara sendiri dalam hati dan pikiran, merupakan bagian penting dalam kesehatan mental.
Tika Anggreni Purba
Tika Anggreni Purba - Bisnis.com 11 September 2019  |  15:17 WIB
Apakah Bicara Sendiri Tanda Gangguan Mental? Faktanya...
Ilustrasi - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Berbicara pada diri sendiri sering kali dinilai sebagai perilaku yang aneh. Padahal berbicara pada diri sendiri baik dengan bahasa verbal yang terucap, maupun berbicara sendiri dalam hati dan pikiran, merupakan bagian penting dalam kesehatan mental.

Beberapa orang bahkan melakukannya secara rutin dan menganggap bahwa hal ini membantu dalam meningkatkan kesehatan mentalnya.

“Berbicara dengan diri sendiri adalah hal yang sangat normal dan wajar,” ujar Laura F. Dabney, seorang psikiatris di Virginia Beach, Amerika Serikat. Menurutnya, berbicara pada diri sendiri bukanlah tanda penyakit mental.

Semua orang pernah berbicara pada dirinya sendiri. Mungkin akan kelihatan aneh kalau berbicara sendiri di depan publik. Tetapi, memiliki percakapan dengan diri sendiri justru bermanfaat bagi pikiran dan perasaan kita.

Dengan berbicara pada diri, Anda bisa berpikir dengan lebih jernih dan teratur. Hal ini juga membantu Anda untuk mengingat hal-hal yang perlu Anda pikirkan dan kerjakan setiap hari.

Selain itu, berbicara dengan diri sendiri juga bermanfaat pada kesehatan mental. Katakanlah jika Anda tengah mengalami masalah atau stres, berbicara pada diri justru dapat menolong kita berpikir lebih bijaksana.

Apalagi jika hal yang dibicarakan pada diri sendiri adalah perkataan yang positif. Berbicara pada diri sendiri dengan penuh kepedulian juga membantu Anda untuk merasa lebih tenang.

Anda dapat mencoba untuk berbicara pada diri sendiri di masa yang sulit seperti ketika mengambil keputusan, menghadapi masa sulit dalam pekerjaan, dan sebagainya.

Alangkah lebih baik lagi jika Anda membiasakan diri untuk berbicara pada diri sendiri dalam aktivitas sehari-hari misalnya untuk mengingatkan diri sendiri untuk tugas-tugas yang perlu dikerjakan, atau juga berbicara tentang hal-hal simpel yang terjadi di hari itu.

Utamakan untuk membicarakan hal-hal yang positif dibandingkan dengan hal-hal negatif yang dapat mengubah atau menyabotase pikiran Anda.

Kapan kebiasaan berbicara sendiri dianggap sebagai gangguan mental? Para ahli menyebutkan bahwa berbicara pada diri sendiri diasosiasikan sebagai masalah mental ketika perilaku ini disertai dengan keinginan untuk menyakiti diri sendiri. Hal ini dapat diindikasikan sebagai masalah psikologis yang serius.

Masalah mental juga ditandai dengan membicarakan hal yang  sama secara berulang kepada diri sendiri. “Jika yang dibicarakan selalu repetitif, seperti meracau mantra, perkataan negatif yang destruktif dan sulit dihentikan, mungkin ada masalah emosi di situ,” ujar Dabney.

Huffpost.com

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kesehatan

Editor : M. Taufikul Basari
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top