Konferensi pers Science Film Festival 2019 di Goethe Insitut, Jakarta pada Selasa (22/10)/Bisnis-Syaiful M
Entertainment

Science Film Festival 2019 Hadirkan 13 Judul Film di Indonesia

Syaiful Millah
Selasa, 22 Oktober 2019 - 19:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Goethe Institut kembali menggelar kegiatan internasional bertajuk Science Film Festival di Tanah Air. Pada tahun ini, acara tersebut telah memasuki tahun penyelenggaraan yang ke-10.

Director of Goethe Institut Regional Saoutheast Asia, Australia, and New Zealand Stefan Dreyer mengatakan Science Film Festival (SFF) merupakan kegiatan rutin yang dilakukan guna mempromosikan literasi sains kepada kaum muda melalui cara yang menyenangkan.

Dia menuturkan festival ini tidak sekadar ajang untuk nonton bersama sebuah karya film tentang sains dari berbagai negara, tetapi diadakan juga kegiatan eksperimental sesuai dengan film yang ditampilkan.

“Festival ini formatnya tidak satu arah hanya dengan menonton saja. Ada eksperimen yang melibatkan penonton juga. Jadi akan lebih menyenangkan, khususnya bagi anak sekolah yang menjadi target utama dari kegiatan ini,” katanya saat konferensi pers di Jakarta, Selasa (22/10/2019).

SFF tahun ini mengusung tema Humboldt dan Jaring Kehidupan. Dreyer menjelaskan Alexander von Humboldt merupakan tokoh multitalenta Jerman yang menggunakan konsep ilmiah alam sebagai jarring kehidupan yang saling terkait.

Menurutnya, sudut pandang tersebut sangat relevan dengan kondisi yang ada saat ini, sehingga diperlukan kesadaran lebih dari masyarakat untuk menjadikan lingkungan yang lebih baik dan berkelanjutan.

“Festival ini memang baru tahap awal dan kecil untuk memberikan dampak terhadap lingkungan, tetapi kami yakin ini menjadi modal penting untuk menenamkan pemahaman sains kepada generasi muda,” ujar Dreyer.

Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama Goethe Intitut dengan Kedutaan Besar Jerman, Inisiatif PASCH (Sekolah: Mitra menuju Masa Depan), Sahid Hotels & Resosrts Indonesia, dan Universitas Paramadina.

Pada 2019, SSF akan menyajikan 13 film dari tujuh negara yang akan memberikan edukasi kepada anak sekolah di 51 kota di Indonesia. Kegiatan ini akan berlangsung mulai 22 Oktober hingga 24 November 2019.

Beberapa judul di antaranya seperti The Marble Brothers Great Adventure! dari Jepang, The Show with the Elephant dari Jerman, Ralph and The Dinosaurs dari Swiss, dan lain sebagainya. Keseluruhan film ini telah dialihbahasakan ke dalam Bahasa Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro