Serangan jantung/boldsky.com
Health

CEK FAKTA : Mitos Seputar Penyakit Jantung

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 6 November 2019 - 10:54
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Anda mungkin multi-tasking sepanjang hari, tetapi apakah Anda tahu bahwa jantung Anda bekerja sepanjang waktu untuk Anda? Ya, jantung Anda adalah salah satu organ terpenting di tubuh, yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh dan membantu dalam mengangkut oksigen dan nutrisi ke jaringan dan menghilangkan karbon dioksida dan limbah lainnya.

Karena itu, merawat jantung Anda sangat penting. Anda perlu mewaspadai kesalahpahaman tentang jantung Anda sehingga tahu cara menjaga kesehatan jantung dan mencegah penyakit jantung terjadi.

Sayangnya, masih banyak mitos betebaran terkait masalah jantung ini.  Banyak berita-berita hoax yang disebarkan dan membuat takut banyak orang. Karena itu, sebelum Anda mejaga kesehatan jantung. Berikut mitos-mitos seputar penyakit jantung seperti dilansir dari Boldsky.com:

1. Mitos: Wanita muda tidak memiliki risiko penyakit jantung

Fakta: Menurut American Heart Association, penyakit jantung memengaruhi wanita dari semua kelompok umur dan terutama wanita yang lebih muda yang menggunakan pil KB dan merokok meningkatkan risiko mereka sebesar 20%. Selain itu, jika Anda menjalani gaya hidup yang tidak aktif, itu dapat menyebabkan penumpukan plak dan menyebabkan penyumbatan pembuluh darah di kemudian hari.

2. Mitos: Penyakit jantung lebih umum terjadi pada pria daripada wanita

Fakta: Wanita lebih mungkin terkena penyakit jantung daripada pria, menurut American Heart Association. Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian pada wanita di atas usia 65 tahun. National Institute on Aging mengatakan bahwa orang yang berusia di atas 65 dan lebih tua berada pada peningkatan risiko serangan jantung, stroke, atau penyakit jantung.

3. Mitos: Diabetes tidak akan menyebabkan penyakit jantung jika Anda menggunakan obat diabetes

Fakta: Konsumsi obat diabetes mengurangi kadar gula darah dan mencegah komplikasi seperti kehilangan penglihatan, kerusakan saraf, penyakit ginjal, dll. Namun, kadar gula darah yang berkurang memiliki lebih sedikit efek pada pembuluh darah besar yang menjadi meradang dan sakit, meningkatkan risiko penyakit jantung.

4. Mitos: Jika Anda memiliki riwayat penyakit jantung keluarga, Anda tidak dapat melakukan apa pun untuk mencegah penyakit tersebut.

Fakta: Meskipun orang-orang dengan riwayat keluarga dengan penyakit jantung berada pada risiko yang meningkat, Anda dapat mengambil beberapa langkah untuk menurunkan risiko sampai batas tertentu. Ini termasuk terlibat dalam aktivitas fisik, makan makanan yang menyehatkan jantung, mengendalikan kolesterol, mengelola tekanan darah, menghindari merokok dan menjaga berat badan yang sehat.

5. Mitos: Jika Anda berhenti merokok, Anda tidak dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Fakta: Saat Anda berhenti merokok, tubuh Anda mulai berfungsi dengan baik. Menurut Harvard Health, hanya 1 tahun setelah berhenti merokok, risiko serangan jantung akan turun hingga 50 persen.

6. Mitos: Penyakit jantung bisa dikurangi dengan asupan vitamin dan suplemen.

Fakta: Tidak jelas apakah mengonsumsi vitamin dan suplemen mengurangi risiko penyakit jantung. Tetapi diketahui fakta bahwa penyakit jantung hanya dapat dicegah jika Anda beralih ke gaya hidup yang lebih baik seperti tidak merokok, diet sehat, dan tetap aktif secara fisik. The American Heart Association mengatakan bahwa tidak ada bukti ilmiah untuk membenarkan penggunaan vitamin dan suplemen untuk mencegah penyakit jantung.

7. Mitos: Wanita aktif tidak terkena penyakit jantung.

Fakta: Tetap aktif secara fisik tidak menurunkan risiko penyakit jantung. Wanita yang berolahraga secara teratur dapat memiliki faktor risiko lain yang menyebabkan penyakit jantung seperti kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, merokok, dan obesitas menurut Yayasan Jantung.

8. Mitos: Jika Anda memiliki penyakit jantung, Anda harus makan sesedikit mungkin lemak.

Fakta: Diet rendah lemak jenuh direkomendasikan untuk penderita penyakit jantung, namun, lemak tak jenuh yang ditemukan dalam makanan seperti ikan berlemak, zaitun, alpukat, kacang-kacangan, dan minyak nabati bermanfaat bagi jantung. Faktanya, mengonsumsi ikan dua kali seminggu menurunkan risiko penyakit jantung [4].

9. Mitos: Jika Anda tidak memiliki gejala, Anda tidak menderita penyakit jantung.

Fakta: Menurut American Heart Association, 64 persen wanita yang meninggal mendadak karena penyakit jantung tidak memiliki gejala sebelumnya karena fakta bahwa tanda-tandanya sangat berbeda antara pria dan wanita. Pemeriksaan kesehatan harus dilakukan secara teratur untuk memastikan Anda tidak memiliki masalah kesehatan terkait jantung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Boldsky
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro