Ini Alasan Kenapa Anak Susah Makan

Melihat anak makan dengan lahap dan cepat tentu menjadi kebahagiaan tersendiri bagi semua orang tua.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 08 November 2019  |  12:46 WIB
Ini Alasan Kenapa Anak Susah Makan
Ilustasi - Seorang anak makan buah dan sayur. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Melihat anak makan dengan lahap dan cepat tentu menjadi kebahagiaan tersendiri bagi semua orang tua.

Apalagi, jika anak Anda bukanlah tipe yang pemilih, dan mau mengonsumsi apapun yang Anda buatkan untuknya.

Tapi tidak semua anak akan makan dengan lahap. Ada momen tertentu mereka menolak makanan apapun yang Anda berikan. Bahkan makanan yang biasanya mereka sukai.

Hal ini terjadi karena banyak hal, berikut menurut Boldsky.com:

1. Sensitif rasa

Beberapa anak dilahirkan dengan lebih banyak perasa pada permukaan lidah mereka. Ini membuat mereka super sensitif terhadap rasa dan akan menolak untuk makan makanan, yang mungkin tidak terasa sempurna.

2. Ada gangguan

Sudah menjadi kebiasaan umum bahwa anak-anak makan sambil menonton T.V. atau video seluler. Ini merusak nafsu makan mereka dan juga mengganggu pikiran mereka untuk mencegah makan penuh perhatian.

3. Pergerakan Usus yang Tidak Teratur

Jika anak Anda mengalami buang air besar yang tidak teratur atau mengalami kesulitan bergerak, ia akan segera menariknya dari makan. Hubungan umum antara kebiasaan makan dan usus ini sering dilewati oleh orang tua. Mencoba untuk mengatur usus mereka akan segera mengembalikan nafsu makan mereka dalam kasus-kasus seperti itu.

4. Terlalu Banyak Pilihan

Jika Anda memberi anak Anda makanan yang bervariasi dan terlalu banyak pilihan, sekarang saatnya untuk menguranginya. Anak-anak menjadi bingung dan menolak makanan bersama-sama dalam kasus seperti itu. Beri mereka pilihan untuk karbohidrat (nasi atau roti) dan mereka ingin makan bersama sayuran yang telah Anda siapkan.

5. Masalah Kesehatan atau Penyakit

Jika anak Anda baru saja sembuh dari suatu penyakit, mereka mungkin menemukan makanan yang rasanya hambar. Dalam kasus seperti itu, penting untuk memberi anak-anak waktu untuk pulih sepenuhnya dan mencicipi makanan secara normal lagi. Memaksa mereka makan akan berdampak negatif pada mereka. 

6. Tidak Suka Tekstur Tertentu

Hal-hal kecil sangat berarti bagi anak-anak. Ada banyak anak yang sangat cerewet dalam hal tekstur sehingga mereka menolak makan berhari-hari bersama dan para ibu berusaha keras untuk menemukan alasan di balik itu. Jika anak Anda suka nasi agak lunak, pastikan untuk menyiapkannya persis seperti itu.

7. Alergi Makanan

Alergi makanan tertentu dapat mencegah anak-anak untuk makan jenis makanan tertentu. Anak Anda mungkin memiliki alergi tanpa Anda sadari. Jika anak Anda secara konsisten menolak jenis makanan, cobalah mencari tahu apakah dia mengalami masalah setelah memilikinya atau berbicara dengan mereka tentang mengapa mereka menolak untuk makan.

8. Lingkungan Di Rumah

Apakah Anda memberikan makanan terpisah untuk anak Anda sementara anggota keluarga memiliki jenis makanan lain? Kemungkinannya, anak Anda sudah muak dengan "makanan bayi" yang Anda beri mereka makan. Cobalah untuk melibatkan anak Anda saat makan malam. Jika anggota keluarga makan makanan pedas yang Anda khawatirkan mungkin tidak cocok untuk anak Anda, cobalah untuk membuat porsi makanan yang sama dan kurang pedas untuk anak Anda dan lihat mereka melahapnya tanpa banyak usaha Anda.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
parenting

Sumber : Boldsky

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top