Ilustrasi pengecekan kadar gula darah terhadap penderita diabetes melitus/Reuters
Health

Waspasda, 70% Penderita Diabetes Tidak Terdeteksi Gejalanya

Dewi Aminatuz Zuhriyah
Senin, 11 November 2019 - 17:58
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Umum PB Persatuan Diabetes Indonesia (Persadia) Agung Pranoto mengatakan sebagian besar penderita diabetes tidak merasakan gejala diabetes. Menurutnya, dari keseluruhan penderita, hanya 30% yang bisa terdeteksi diagnosanya.

“Sebanyak 1 dari 3 orang atau 30% yang baru didiagnosis diabetes, 70% sisanya belum ketahuan karena tidak ada gejala,” kata Agung dalam konferensi pers di IMERI UI pada Senin (11/11/2019).

Menurutnya, hingga saat ini banyak masyarakat yang tidak menyadari tengah menderita penyakit diabetes lantaran gejala yang dirasakan cukup bervariasi, mulai dari asimptomatik [tidak bergejala] hingga simptomatik. Sering kali pada penderita baru mengetahui penyakitnya setelah komplikasi.

“30% yang terdeteksi itu belum tentu ada gejala, tergantung ada komplikasi tidak. Komplikasi tergantung di organ apa, mungkin jantung, saraf, kulit, mata.”

Gejala yang paling klasik yaitu buang air kecil terus menerus, merasa haus dan lapar tanpa henti, namun berat badan tidak bertambah atau malah turun. Hal ini membuat masyarakat perlu melakukan skrining tepat termasuk pada anak-anak.

“Jika ada riwayat hipertensi, kolesterol atau pada anak ada keluarga yang sakit diabetes, pada usia 10 tahun harus skrining. Bisa juga pada bayi yang lahir 4 kilogram, anaknya tumbuh gendut, meski enggak ada gejala perlu skrining dengan deteksi gula darah.”

Mengacu pada Data Federasi Diabetes Internasional,  Indonesia merupakan negara keenam di dunia dengan jumlah penyandang diabetes sekitar 10,3 juta orang dan akan bertambah 16,7 juta orang pada 2045.

Kenaikan jumlah penderita diabetes itu sejalan dengan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) memperlihatkan peningkatan angka prevalensi Diabetes yang cukup signifikan, yaitu dari 6,9% pada  2013 menjadi 8,5% pada 2018.

Sebagai informasi, salah satu penyebab bertambahnya penderita diabetes dikarenakan minimnya kesadaran masyarakat akan penyakit tersebut dan upaya pencegahan serta penanggulangannya. Maka dari itu, dibutuhkan edukasi yang tepat untuk mendapatkan penanganan yang sesuai.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro