Roma Jadi Film Netflix Pertama Dengan Rilis DVD dari Criterion Collection

Film besutan sutradara Alfonso Cuaron tersebut akan mendapatkan rilis fisik melalui DVD dari Criterion Collection pada Februari 2020.
Syaiful Millah
Syaiful Millah - Bisnis.com 17 November 2019  |  16:05 WIB
Roma Jadi Film Netflix Pertama Dengan Rilis DVD dari Criterion Collection
Roma (2018) - Netflix

Bisnis.com, JAKARTA – Kabar baik datang dari perkembangan film-film Netflix di industri hiburan global. Roma (2018) menjadi film Netflix pertama yang masuk dalam daftar bergengsi dari Criterion Collection.

Dilansir dari Screen Rant, Minggu (17/11/2019) film besutan sutradara Alfonso Cuaron tersebut akan mendapatkan rilis fisik melalui DVD dari Criterion Collection pada Februari 2020.

Criterion Collection merupakan perusahaan pengedar DVD film paling terkenal di dunia yang didirikan sejak 1984. Selama lebih dari 3 dekade perjalanannya, perusahaan itu telah mengumpulkan dan menerbitkan film-film internasional berkualitas yang tidak dirilis publik atau sulit ditemukan.

Criterion juga seringkali merestorasi film-film klasik yang sudah hilang atau rusak dan merilisnya dalam kualitas yang bisa dinikmati di berbagai platform.

Selain itu, perusahaan juga terkenal karena keluasan kontennya yang tidak hanya mencakup film saja tetapi banyak menampilkan video dokumenter dibalik pembuatan karya film terkait. Tak ayal, rilisan fisik dari Criterion Collection memiliki nilai yang tinggi menjadi salah satu buruan bagi para pencinta film di seluruh dunia.

Sementara itu, dilansir dari Variety, Roma dikabarkan mendapatkan rilis fisik dengan lima film dokumenter terpisah di dalamnya. Berisi master film 4K dan suara Dolby atmos serta video tentang pembuatan film termasuk cuplikan wawancara belakang layar dengan Cuaron.

Roma merupakan film drama semi-otobiografi yang bercerita tentang seorang pembantu rumah tangga di lingkungan kelas menengah di sebuah distrik bernama Roma, yang ada di kota Meksiko. Film ini pertama kali diputar di Venice International Film Festival 2018 dan membawa pulang penghargaan utamanya, Golden Lion.

Selain itu, film besutan Alfonso Cuaron ini juga mendapatkan 10 nominasi di ajang Academy Award atau Oscar ke-91. Dari jumlah nominasi itu, film ini membawa pulang tiga penghargaan, yaitu kategori Best Foreign Language Film, Best Director, dan Best Cinematography.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Film

Editor : Sutarno
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top