Fashion

Tips Merapikan Alis

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 19 November 2019 - 10:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Alis adalah salah satu bagian dari wajah yang menjadi perhatian perempuan pada saat berdandan.

Di bagian yang satu ini, bisa menghabiskan waktu yang cukup lama agar membuat perempuan merasa puas dengan penampilannya.

Alasannya, karena alis yang salah bisa mengubah karakter wajah Anda. Bahkan, Anda bisa terlihat menjadi galak atau sendu hanya dari bentuk alis yang tidak sesuai.

Karena itu, perlu kehati-hatian dalam membingkai alis di wajah Anda. Ada beberapa benda juga yang harus Anda persiapkan saat membentuk alis. Yakni kuas spoolie
sisir bergigi halus, gunting atau pemotong kuku, pinset, dan gel alis.

Jika Anda mencukur atau mencabut alis secara berlebihan, Anda butuh waktu lama untuk menumbuhkannya kembali. Lakukan semua proses secara perlahan supaya tidak memotongnya terlalu pendek atau mencabutnya terlalu banyak.
 
Berikut beberapa tips yang bisa Anda gunakan saat membingkai alis seperti dikutip dari wikihow.com:

1. Merapikan Alis dengan Gunting

Sikat alis Anda ke atas. Gunakanlah sikat spoolie untuk menyikat bagian atas alis Anda lurus ke atas dengan gerakan berulang yang searah. Rambut alis yang tampak terlalu panjang setelah Anda melakukan hal ini harus dipangkas.
 
Tahan rambut di tempatnya dengan sikat. Gunakanlah sikat spoolie untuk menyisir alis sampai ke ujung atasnya. Gunakanlah sikat untuk menahan rambut sambil menggunting ujungnya yang terlalu panjang agar rapi.
 
Gunakanlah gunting untuk mencukur rambut di atas sikat. Gunakan pemotong kuku atau gunting rambut untuk menyingkirkan rambut yang terlalu panjang di bagian atas sikat. Fokuslah untuk memotong rambut terpanjang, lalu sesuaikan panjang rambut yang lain dengan cara memotongnya sedikit agar sama rata. Hal ini akan membuat alis Anda tampak lebih natural.
 
Sikat rambut alis dari sudut 45 derajat, lalu pangkas. Setelah Anda memotong bagian yang panjang, gunakanlah sikat spoolie untuk menyisir rambut alis dari sudut 45 derajat. Tahan rambut tersebut di tempat dengan sikat spoolie, lalu pangkas bagian yang tampak terlalu panjang.
 
Sisir rambut ke bawah dan pangkas kelebihannya. Sekarang, gunakanlah sikat spoolie untuk menyisir rambut ke bawah. Pangkas kelebihan rambut yang ada di bagian bawah alis.Ulangi seluruh proses di atas untuk merapikan alis yang lain.
 
2. Menggunakan Pencabut Bulu

Mandilah sebelum Anda mencabuti rambut alis. Mandilah dengan air hangat sebelumnya supaya pori-pori kulit Anda terbuka. Hal ini akan membuat rambut lebih mudah tercabut, sehingga mengurangi rasa sakit dan risiko iritasi.
 
Cabut rambut yang ada di atas hidung dan dibawah lengkungan mata. Membersihkan area tersebut dapat membuat perbedaan yang signifikan sehingga alis tampak lebih sempurna dan rapi. Carilah rambut yang tumbuh di bawah lengkungan mata dan di atas batang hidung. Jepit satu per satu rambut tersebut dengan pencabut bulu, lalu tarik dengan satu gerakan cepat. Gunakan jari Anda untuk merenggangkan kulit yang rambutnya dicabut. Hal ini dapat mengurangi rasa sakitnya.

Cabut tiap rambut sesuai arah tumbuhnya. Perhatikan arah tumbuh rambut sebelum mencabutnya Pastikan Anda mencabutnya sesuai dengan arah tumbuh rambut tersebut agar bisa hilang sampai ke akar-akarnya. Mencabut ke arah yang salah dapat membuat rambut patah di dekat bagian akar, sehingga bisa tumbuh kembali.
 
Jauhi cermin pembesar agar tidak mencabut terlalu banyak rambut. Secara natural, Anda pasti ingin memperbesar daya lihat ke alis agar setiap detailnya tampak jelas. Tahan keinginan tersebut, sebab hal ini bisa memberikan ilusi bahwa Anda memiliki folikel yang lebih banyak dari seharusnya. Jika tidak hati-hati, Anda dapat mencabut terlalu banyak rambut alis. Berhentilah sejenak, mundur, lalu lihat keseluruhan hasilnya di cermin beberapa kali saat mencabuti alis. Cara ini akan mencegah Anda mencabut terlalu banyak rambut.
 
3. Mendapatkan Bentuk yang Pas

Gunakan bagian sudut dalam mata Anda sebagai patokan. Untuk mencari tahu ujung alis, buatlah garis imajiner dari sudut mata bagian dalam ke alis. Singkirkan rambut yang tersisa di bagian atas batang hidung sesuai garis tersebut.
 
Carilah bentuk alis yang sesuai dengan bentuk wajah Anda. Semua orang berbeda. Jadi, tidak ada sepasang alis yang sama persis karena sedikit saja perbedaan bisa membuatnya tampak berbeda di wajah yang berbeda. Perhatikan bentuk wajah Anda untuk mengetahui perubahan apa yang diperlukan agar alis tampak lebih menawan. Jika Anda memiliki wajah yang panjang atau persegi empat, alis yang datar dan lurus akan membuat wajah tampak lebih kecil. Ingatlah, alis tebal akan tampak berlebihan bagi orang berwajah kecil dan berbentuk hati, alis tebal dapat menyeimbangkan penampilan orang dengan rahang persegi, dan alis melengkung bisa memperlunak sudut-sudut wajah berbentuk permata.
 
Gunakanlah gel alis untuk membuat rambutnya menghadap arah yang sama. Kontrol alis Anda dengan penggunaan gel alis. Oleskan gel dengan cara menekannya perlahan. Cara ini akan membantu menjaga bentuk terbaik alis Anda sepanjang hari.
 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : wikihow
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro