Ilustrasi Parenting/Istimewa
Health

Pasangan Suami Istri Bekerja ? Ini 6 Dampak Negatifnya pada Keluarga

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 20 November 2019 - 11:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Di era saat ini, suami istri bekerja di luar rumah untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga adalah hal yang lumrah terjadi.

Tingginya biaya hidup, menjadi salah satu faktor utama suami istri terpaksa bekerja bersama mencari nafkah untuk membiayai keluarganya.

Karena kondisi ini, terpaksa membuat anak-anak mereka dititipkan ke orang tua atau pengasuh. Memang menjadi dilema bagi orang tua terutama ibu yang bekerja menghadapi masalah ini.

Jika mereka bekerja, akan meninggalkan anak-anak di rumah. Sebaliknya, jika mereka tidak bekerja, maka ada kekhawatiran kebutuhan anak tidak terpenuhi.

Akan tetapi, sebenarnya ada setidaknya 6 dampak negatif pada keluarga yang suami istri atau ayah ibunya bekerja. Berikut menurut Boldsky.com :


1. Kesulitan Membesarkan Anak

Karena jadwal kerja mereka, orang tua sering menghadapi kesulitan dalam memberikan waktu yang cukup untuk anak-anak mereka. Hal ini membuat orang tua tidak mampu menanamkan nilai-nilai dan etika esensial pada anak-anak mereka. Bahkan jika orang tua mencoba menghabiskan lebih banyak waktu dengan anak-anak mereka, jadwal kerja mereka yang sibuk membatasi mereka untuk memastikan anak-anak mereka mempelajari nilai-nilai yang baik.

2. Kesepian Di Antara Anak-Anak

Karena anak-anak kecil dan tidak mampu merawat diri mereka sendiri, mereka mungkin merasa kesepian tanpa kehadiran orang tua mereka. Sementara orang tua bekerja di kantor mereka, anak-anak mungkin menginginkan seseorang untuk bersama mereka dan mendengarkan masalah mereka. Seringkali anak-anak kecil merasa tidak nyaman ketika mereka tidak menemukan orang tua atau seseorang yang dekat dengan mereka. Dalam hal itu, ketika kakek-nenek hadir di keluarga, anak-anak merasa dicintai dan bahagia bahkan jika orang tua mereka tidak ada di dekat mereka.

3. Absennya Anggota Keluarga

Salah satu hal negatif yakni rasa ketidakhadiran sosok ayah atau ibu yang diinginkan anak-anak mereka. Terutama pada momen istimewa seperti hari kelahiran, atau hari raya yang terkadang pekerjaan bisa mengambil kembali waktu orang tua mereka.

4. Kurangnya Dukungan Emosional

Setiap pasangan melewati masa ketika mereka memiliki konflik dalam hubungan mereka. Ini bisa menjadi sangat sering jika pasangan bekerja dan orang tua dari anak kecil. Selama waktu seperti itu, pasangan ini mungkin membutuhkan seseorang untuk memberi mereka dukungan emosional.

Dalam hal itu, dukungan anggota keluarga besar sebenarnya dapat membantu pasangan untuk menyelesaikan masalah mereka.

5. Merasa Diabaikan

Ketika pasangan bekerja di luar rumah, bisa membuat anak merasa diabaikan. Mereka merasa orang tua tidak peduli dan hanya mementingkan pekerjaan. Hal ini bisa membuat anak mencari pelarian dan kebahagiaan di luar rumah.

6. Masalah Keamanan Hubungan

Ketika suami istri sibuk di luar rumah, bahkan waktu mereka berdua saja sangat sulit didapatkan akan berdampak buruk pada kelangsungan hubungan mereka. Karena bisa saja kesibukan menghilangkan komunikasi bahkan pertemuan antara mereka berdua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Boldsky
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro