Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pentingnya Kesiapan Memiliki Anak Secara Fisik dan Mental

Memiliki anak merupakan dambaan setiap pasangan yang sudah menikah. Namun, mempersiapkan kehamilan yang baik ternyata tidak selalu mudah. Hamil memberikan resiko pada ibu dan janin dalam jangka pendek maupun panjang.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 25 November 2019  |  14:29 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Memiliki anak merupakan dambaan setiap pasangan yang sudah menikah. Namun, mempersiapkan kehamilan yang baik ternyata tidak selalu mudah. Hamil memberikan resiko pada ibu dan janin dalam jangka pendek maupun panjang.

Butuh banyak persiapan supaya bayi lahir dalam kondisi sehat. Sehingga penting bagi kedua orang tua untuk memiliki pengetahuan dan pemahaman mendalam saat mempersiapkan dan menjalani kehamilan dan kelahiran sang buah hati, karena kehamilan merupakan cikal bakal generasi mendatang yang lebih baik.

Edukasi pra-kelahiran yang ditujukan ini ialah untuk mempersiapkan dengan matang calon ibu dan ayah di masa transisi menjadi ayah bunda, mulai dari elemen-elemen kehamilan, persalinan dan kelahiran bayi, serta keahlian dasar tentang parenting.

Kegiatan edukasi bagi calon ayah bunda seperti ini dilakukan untuk mengedukasi sebanyak mungkin calon ayah ibu agar dapat menghasilkan generasi penerus bangsa yang sehat dan bermental positif.

Psychological Health Trainer William Budiman membahas psikologi positif yang diperlukan ibu selama masa kehamilan.

“Sejak mulai hamil, kedua pasangan harus mengidentifikasi apa saja jenis dan sumber stress yang mungkin muncul di masa kehamilan, serta bagaimana cara penanganan yang tepat dan bagaimana stress bisa membawa hal positif bagi kesiapan menjadi orang tua yang baik,’ ujar William Budiman.

Dia mengatakan pada masa persiapan kehamilan, seorang calon ibu bisa saja merasa stress karena adanya tekanan sosial. Stress pada ibu hamil dapat mengganggu perkembangan janin yang dikandung. Masalah psikologis selama hamil berdampak pada anak seumur hidupnya.

Oleh sebab itu, sangat penting bagi calon ibu dan ayah untuk mempersiapkan kesehatan mental sebelum menyambut kehadiran buah hati di dunia. Untuk menanggulangi stress pada calon ibu, dibutuhkan kerja sama yang harmonis dan penuh cinta dari pasangan suami istri.

Sementara itu, Bidan Israna Atika. S.Keb  menyebutkan kunci penting suksesnya mengasuh bayi baru lahir adalah kekompakan orang tua bayi, dengan berbagi peran dan tugas antara istri dan suami. Sejak sebelum lahir, penting bagi pasangan untuk membahas pembagian tugas mengasuh agar sama-sama tidak kelelahan dan stress.

"Bahkan termasuk soal pemberian ASI, peran ayah secara fisik dan mental sangat menentukan kemampuan ibu untuk menyediakan ASI bagi sang bayi,” papar Bidan Israna Atika. S.Keb.

Sementara itu, 

pakar obstetri dan ginekologi Dr. Ulul Albab menekankan pentingnya pemenuhan nutrisi yang lengkap selama masa kehamilan.

“Kehamilan adalah perjalanan yang membutuhkan kerja sama dari calon ibu dan calon ayah. Dalam perjalanan masa kehamilan ini ada banyak hal yang harus diperhatikan bersama. Mulai dari pemenuhan nutrisi yang tepat, gaya hidup yang sehat, kesehatan psikologis suami-istri agar siap menjadi orang tua yang positif dan juga berbagai persiapan menyambut masa kelahiran yang seringkali dianggap “menegangkan” bagi calon orang tua,” papar Dr. Ulul Albab yang juga Sekretaris POGI Jaya.

Ia menerangkan bahwa ketika hamil, ibu tentu membutuhkan tambahan asupan kalori untuk menyuplai zat gizi yang cukup guna tumbuh kembang janin di dalam perut. Nutrisi khusus ibu hamil tidak hanya menjadi pelengkap memenuhi kebutuhan energi dan zat gizi ibu hamil, melainkan juga berperan penting untuk menyediakan zat gizi penting yang diperlukan janin.

Sinteisa Sunarjo Group Business Unit Head Woman Nutrition KALBE Nutritionals mengatakan periode transisi menjadi ayah bunda memang digambarkan sebagai salah satu transisi paling menantang di dalam kehidupan, saat perubahan besar terjadi di dalam kehidupan calon ayah bunda baru.

"Banyak cara untuk mempersiapkan pengalaman transisi ini secara positif, termasuk mengetahui apa yang akan datang dan strategi menghadapinya," ujar Sinteisa Sunarjo dalam peluncuran dua inovasi terbaru Prenagen yakni Prenagen yogurt dan Prenagen uht almond soya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

parenting
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top