Adinia Wirasti duta kampanye Help Them To See/Istimewa
Health

Lions Eye Bank Jakarta Tunjuk Adinia Wirasti Duta Kampanye Help Them To See

Akbar Evandio
Jumat, 6 Desember 2019 - 15:44
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Di Indonesia, diperkirakan 1 dari 1.000 orang menderita kebutaan akibat kerusakan kornea. Masalah kebutaan tersebut dapat diatasi melalui operasi cangkok kornea atau transplantasi.

Mengingat jumlah donor kornea yang tersedia dari lokal Indonesia masih sangat rendah, Lions Eye Bank Jakarta (LEBJ) hadir untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat terkait jumlah kebutaan kornea dan apa yang dimaksud dengan cangkok kornea.

LEBJ yang disahkan pada Maret 2018 merupakan bank mata dan organisasi nonprofit dan merupakan hasil kerja sama Lions Club International (LCI) dengan RS Mata JEC.

LCI memilih RS Mata JEC sebagai rekan kerja dalam mendirikan bank mata karena RS mata JEC dinilai memiliki alat yang lengkap dan sesuai dengan perkembangan teknologi terdepan untuk pemeriksaan mata sebelum, pada saat dan setelah operasi cangkok kornea.

Menurut data tahun 2018, LEBJ mampu menyediakan lebih banyak jaringan kornea, sehingga jumlah operasi cangkok kornea mengalami kenaikan dari 40 menjadi 122 operasi per tahun.

Angka tersebut merupakan prestasi, namun angka ketersediaan kornea khususnya dari penduduk Indonesia sendiri yang mendaftar sebagai calon donor masih tergolong rendah jika dibandingkan dengan jumlah penderita kebutaan karena kelainan kornea di Indonesia.

“Lions Eye Bank Jakarta didirikan sebagai wujud sosial dengan misi menjadi wadah terpercaya, tidak hanya bagi mereka yang mengalami gangguan penglihatan karena kelainan kornea, namun juga bagi mereka yang secara sukarela ingin menolong sesama mendapatkan perbaikan penglihatan dengan mendaftar sebagai calon donor kornea.” ujar Dr. Sharita, pendiri dan Kepala Lions Eye Bank Jakarta.

Untuk lebih meningkatkan definisi dan kesadaran pentingnya donasi kornea, Lions Eye Bank Jakarta dengan bangga memperkenalkan Adinia Wirasti sebagai duta dari kampanye Help Them to See.

Kolaborasi ini diharapkan dapat menjangkau masyarakat Indonesia dalam menyebarluaskan visi dan misi Lions Eye Bank Jakarta dalam mengorganisir kegiatan donor kornea untuk dapat memberikan penglihatan bagi mereka yang membutuhkan.

Lions Eye Bank Jakarta Tunjuk Adinia Wirasti Duta Kampanye Help Them To See

Alat pemerksaan donor kornea mata bertaraf internasional./Istimewa

Calon Donor Kornea

Adinia Wirasti, aktris yang juga sudah lama aktif dalam bidang sosial, sangat tergerak untuk mengajak masyarakat Indonesia dalam mendaftar menjadi calon donor kornea bagi kehidupan orang lain yang lebih baik.

Alasan utama dirinya mendalami seni peran dan film adalah untuk berbagi cerita melalui media visual. Melihat pentingnya medium visual, Adinia tergerak untuk membantu mereka yang memiliki kelainan kornea mata agar dapat memiliki kualitas hidup yang lebih baik.

“Selain warisan seni yang saya tinggalkan, saya juga ingin tetap dapat menjadi manfaat bagi orang lain di saat saya sudah tiada nanti. Sangat besar harapan saya untuk membantu menyuarakan edukasi mengenai kampanye donasi kornea dari Lions Eye Bank Jakarta agar menjadi titik terang bagi masyarakat yang selama ini masih belum tau dan tergerak untuk membantu mereka yang membutuhkan,” ucap Adinia Wirasti.

Sebagai informasi, istilah donor kornea dalam kehidupan masyarakat Indonesia mungkin masih terdengar cukup asing dan cenderung menimbulkan banyak pertanyaan.

Berbagai faktor mulai dari sosial sampai dengan faktor kurangnya edukasi ataupun informasi, membuat masyarakat menganggap mendonorkan bagian tubuh adalah tabu.

Banyak fakta seperti yang didonasikan oleh calon pendonor adalah hanya lapisan tipis kornea bukan keseluruhan bola mata dan kegiatan pengambilan donor hanya akan dilakukan setelah calon donor telah dinyatakan tutup usia oleh dokter.

Maka dari itu, dalam upaya meluruskan informasi yang masih bersalahan terkait apa yang dimaksud dengan donor kornea, Lions Eye Bank Jakarta berinisiatif untuk mengadakan kampanye dengan judul Help Them to See.

Kampanye ini bertujuan agar masyarakat mendapatkan edukasi lebih dalam mengenai apa itu donor kornea dan mendapatkan informasi tentang jumlah kebutaan karena kelainan kornea sehingga masyarakat akan tergerak hatinya untuk mendaftar sebagai calon donor.

Lions Eye Bank Jakarta berharap dengan adanya kampanye #HelpThemToSee yang didukung oleh Adinia Wirasti dapat memberikan informasi mengenai bagaimana cara untuk mendaftar sebagai calon donor kornea, dan mengingat kantor LEBJ yang terletak di RS Mata JEC@Kedoya lantai 3.

Masyarakat nantinya juga dapat melihat secara langsung kegiatan mulia ini dapat menolong 2 hingga 4 pasien dengan gangguan penglihatan karena kelainan kornea.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Akbar Evandio
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro