Bayi dipijat./Istimewa
Health

Manfaat Jambu Biji untuk Bayi

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 10 Desember 2019 - 14:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jambu biji adalah salah satu buah yang paling umum diperkaya dengan banyak mineral dan vitamin. Orang-orang dari semua kelompok umur suka menikmati buah yang memiliki rasa unik ini selama musimnya. Namun, selalu ada keraguan apakah memberi makan jambu biji baik untuk bayi atau tidak?

Bayi diberi makanan padat ketika mereka berusia enam bulan atau lebih karena ASI tidak lagi cukup untuk memberi mereka nutrisi penting yang cukup untuk perkembangan mereka. Buah dianggap sebagai makanan terbaik selama periode ini karena kaya akan rasa dan sumber nutrisi.

Ada kesalahpahaman bahwa jambu biji tidak aman untuk bayi karena biji padatnya yang dapat menyebabkan masalah pencernaan. Namun, ada cara lain untuk memperkenalkan guvava ke makanan anak tanpa mengandung manfaat kesehatannya. Baca profil gizi jambu biji dan manfaat kesehatannya yang luar biasa untuk bayi.

100 g jambu biji diperkaya dengan 80,8 g air dan energi 68 kkal. Selain itu, juga mengandung 2,55 g protein, serat makanan 5,4 g, 18 mg kalsium, 228,3 mg vitamin C, 40 mg fosfor, 22 mg magnesium, 2 mg natrium, 417 mg kalium, 0,26 mg zat besi, 49 mcg folat, dan 31 mcg vitamin A bersama dengan vitamin lain seperti B1, B2 dan B3. Mineral dan vitamin vital ini membantu perkembangan fisik dan otak bayi serta memberi mereka energi.

Berikut manfaat kesehatan jambu biji untuk bayi seperti dilansir dari Boldsky.com :

1. Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh: Jambu biji mengandung sejumlah besar vitamin C yang penting untuk fungsi kekebalan tubuh, pertumbuhan, dan regenerasi sel pada bayi. Jambu biji mengandung vitamin C empat kali lebih banyak daripada jeruk.

2. Membantu perkembangan sistem saraf: Asam folat bermanfaat bagi bayi untuk membantu mencegah beberapa cacat lahir yang terkait otak dan tulang belakang seperti anencephaly. Ini sangat membantu pertumbuhan sistem saraf dan peredaran darah pada bayi.

3. Bermanfaat untuk mata sehat: Jambu biji kaya akan vitamin A, yang sangat penting untuk penglihatan yang baik. Kekurangan vitamin A pada bayi dapat menyebabkan xerophthalmia.

4. Mencegah kanker: Sifat antioksidan jambu biji membantu mencegah bayi dari risiko kanker. Ini juga membantu mencegah mereka dari penyakit yang diinduksi ROS seperti Alzheimer dan Parkinson dan gangguan lain seperti hiperoksia dan peradangan.

5. Bermanfaat untuk perkembangan otak: Biji jambu biji kaya akan asam lemak seperti linoleat dan fenolik, yang merupakan komponen kunci dalam perkembangan otak bayi dan formasi jaringan lainnya.

6. Membantu pencernaan: Jumlah kaya serat dalam jambu biji membantu meningkatkan pencernaan pada anak-anak dan mencegah sembelit dan radang usus buntu. Buah ini juga membantu selama diare dan disentri serta memperkaya produksi darah.

7. Membantu perkembangan tulang dan tulang rawan: Kalsium dan nutrisi lainnya dikemas dalam jambu biji yang membantu perkembangan tulang dan tulang rawan pada bayi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro