Tren Membuat Film dengan Gawai

Tren pembuatan film dengan menggunakan gawai pintar semakin digemari berkat kemajuan inovasi dan perkembangan teknologi yang berjalan dengan sangat cepat.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 10 Desember 2019  |  07:47 WIB
Tren Membuat Film dengan Gawai
Dion Wiyoko berperan sebagai Yohan dan Kaesang Pangarep dalam film Cek Toko Sebelh. - Youtube

Bisnis.com, JAKARTA - Tren pembuatan film dengan menggunakan gawai pintar semakin digemari berkat kemajuan inovasi dan perkembangan teknologi yang berjalan dengan sangat cepat.

Lo Khing Seng, Deputy Country Director Huawei CBG Indonesia, mengatakan bahwa sekarang adalah saatnya memikirkan kembali videografi saat kualitas aplikasi video dan membuat film semakin meningkat, sehingga menjadikan smartphone filming menjadi lebih terkenal beberapa tahun belakangan ini.

"Smartphone telah membuka jendela kemungkinan bercerita dan menjadi alat yang membuat film making terasa semakin dekat,” katanya dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis pada Senin (9/12/2019).

Pembuat film di seluruh dunia kini menggunakan smartphone. Mulai dari vlogger dan jurnalis, sampai sutradara film fiksi dan dokumenter.

Para traveller juga menggunakan smartphone untuk merekam perjalanannya.

Angga Dwimas Sasongko, sutradara film, mengatakan bahwa ini saat yang tepat untuk memulai mengeksplor pembuatan film tanpa hambatan, seperti perlengkapan yang kurang berkualitas ataupun pengalaman yang kurang mumpuni.

"Membuat film dengan menggunakan smartphone tidak berarti menghasilkan film yang kurang bagus dibanding menggunakan kamera profesional,” ujar Angga.

Angga yang memulai karirnya di industri film sejak berusia 19 tahun, kini sedang mengeksplor teknologi membuat film dengan smartphone untuk menciptakan film pendek dengan menggunakan fitur videografi yang tersedia di Huawei Mate 30 Pro.

Inilah beberapa fitur di Huawei Mate 30 Pro yang mampu membuat film berkualitas bagus, bahkan dari halaman rumah.

Cine Camera

Dengan sensor super besar 1/1.54 inci untuk memastikan pencahayaan yang cukup di kondisi apa pun, HUAWEI Mate 30 Pro dapat diandalkan di kondisi cahaya redup. Cine Camera juga mendukung sensitivitas cahaya yang dapat disesuaikan hingga ISO 51200di situasi yang sangat gelap.

Fitur ini memberikan detail yang jelas dan siluet tajam yang dapat direproduksi secara akurat di video untuk memastikan tiap pergerakan terlihat nyata dan terang; setiap cerita disampaikan dengan jelas dan berani.
 
256x Ultra-Slow-motion Video

Perlambat momen penting yang sedang berlangsung hingga 7,680 frame per detik, seperti 80 kali kepakan sayam seekor burung per detik.
 
3D-Depth Sensing Camera

Fitur ini secara akurat mengukur kedalaman karakter dan objek yang berbeda. IPS yang ditingkatkan memungkinkan efek bokeh yang mendalam dan dinamis untuk ditambahkan ke dalam video secara real-time, menjadikan gambar portrait-nya menonjol.
 
Parameter Kecepatan, Interval, dan ISO yang dapat disesuaikan

Pengguna dapat menikmati time-lapse pro-mode dengan ultra-wide angle, 4K, dan ultra-low-light video. Saksikan warna langit yang berubah dari siang ke malam, bunga yang mekar semalaman, garis bintang menjadi sangat jelas dan padat dalam hitungan detik.

Khing Seng mengatakan bahwa teknologi telah maju ke satu titik saat kemampuan kamera yang rumit dapat dimasukkan ke fitur smartphone. "Namun, di Asia Pasifik, termasuk di Indonesia, tidak ada banyak wadah yang mendukung dan mengembangkan mobile filmografi,” ujarnya

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Film, smartphone

Editor : Nancy Junita
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top