Inilah Jenis, Penyebab, dan Cara Menangani Diabetes/Independent.co.uk-Ilustrasi
Health

Inilah Jenis, Penyebab, dan Cara Menangani Diabetes

Reni Lestari
Selasa, 24 Desember 2019 - 14:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Diabetes bukanlah penyakit asing. Di Inggris saat ini terdapat sekitar 3,7 juta kasus diabetes yang didiagnosis dengan banyak risiko karena faktor seperti obesitas di masa kecil.

Apa saja gejala diabetes, apa perbedaan antara diabetes tipe 1 dan tipe 2, bagaimana penyebabnya dan bagaimana bisa diobati?

Dilansir Independent, Selasa (24/12/2019), berikut semua yang perlu Anda ketahui tentang diabetes.

Diabetes dan penyebabnya.

Insulin adalah hormon yang diproduksi pankreas. Insulin mengatur kadar gula darah Anda. Institut Nasional Diabetes dan Penyakit Pencernaan dan Ginjal menjelaskan hal itu dilakukan dengan memecah glukosa yang ada dalam darah Anda sehingga dapat digunakan untuk energi.

Ketika seseorang menderita diabetes, berarti pankreas tidak dapat memproduksi cukup insulin untuk memecah glukosa dalam darah. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah mereka secara drastis.

Jumlah glukosa darah dalam tubuh biasanya tergantung pada makanan yang Anda konsumsi.  Jika Anda mengkonsumsi makanan manis, kadar gula darah akan naik.Orang-orang yang mengonsumsi gula dalam jumlah lebih banyak cenderung mengembangkan bentuk diabetes yang parah.

Namun, apakah seseorang didiagnosis diabetes atau tidak, mungkin juga bergantung pada susunan genetik mereka.

Apa saja jenis diabetes yang berbeda?

Ada dua jenis utama diabetes: tipe 1 dan tipe 2.

Jika seseorang menderita diabetes tipe 1, berarti tubuh mereka tidak memproduksi insulin sama sekali dan karenanya memiliki implikasi sangat serius bagi kesehatan.

Orang yang menderita diabetes tipe 1 memiliki peningkatan risiko mengembangkan kondisi kesehatan lain seperti penyakit jantung, stroke, penyakit ginjal, kebutaan dan masalah sirkulasi.

Para ilmuwan belum dapat menentukan penyebab pasti diabetes tipe 1. Mayo Clinic menjelaskan bahwa genetika menjadi faktor yang paling mungkin. Walaupun diabetes tipe 1 banyak ditemukan pada anak-anak, ia dapat didiagnosis pada usia berapa pun.

Ketika seseorang memiliki diabetes tipe 2 berarti tubuh mereka tidak dapat memproduksi insulin yang cukup, atau insulin yang dapat diproduksi pankreas tidak berfungsi dengan baik.

Genetika juga dapat berperan dalam seseorang yang menderita diabetes tipe 2, itu juga dapat disebabkan oleh faktor-faktor lain seperti apakah mereka mengikuti gaya hidup sehat dan aktif.

Gejala diabetes tipe 1 atau tipe 2 dapat meliputi kelelahan, penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, haus yang berlebihan dan sering buang air kecil.

Bagaimana diabetes dapat diobati?

Orang-orang yang telah didiagnosis dengan diabetes tipe 2 mungkin perlu minum obat untuk mengurangi jumlah glukosa dalam darah. Mereka juga harus memasukkan makanan yang lebih sehat seperti buah-buahan segar, sayuran, ikan, kacang-kacangan dan sereal berserat tinggi dalam makanan mereka dan mengurangi konsumsi gula.

Mereka yang didiagnosis mengidap diabetes tipe 1, bentuk penyakit yang lebih parah, harus merawat kondisinya dengan suntikan insulin setiap hari.

Mereka mungkin juga perlu memeriksa kadar gula darah setiap hari dengan menggunakan tes darah tusuk jari. Jenis dan jumlah insulin yang dibutuhkan adalah masalah yang dapat Anda diskusikan dengan seorang profesional medis.

Jika menderita diabetes, Anda direkomendasikan untuk mempertahankan gaya hidup aktif dan melakukan tes darah secara teratur untuk mengawasi kadar gula darah.

Bisakah diabetes dibalik?

Pada September 2018, mantan wakil ketua Partai Buruh Tom Watson mengungkapkan bahwa dia telah didiagnosis menderita diabetes tipe 2, tetapi telah membalikkan kondisinya dengan melakukan perubahan pada dietnya dan berolahraga lebih banyak.

Setelah didiagnosis dengan kondisi pada musim panas 2017, Watson menghilangkan junk food, gula rafinasi dan makanan olahan dari dietnya dan mulai bersepeda, tinju dan angkat berat. Politisi itu mengatakan kepada hadirin di konferensi tahunan asosiasi industri kesehatan ukaktif bahwa diabetesnya dalam "remisi" mengikuti perubahan yang dia lakukan pada gaya hidupnya.

Situs diabetes.co.uk menjelaskan bahwa orang dengan diabetes tipe 2 dapat secara efektif "membalikkan" kondisi mereka dengan mengikuti langkah-langkah serupa.

Jika menderita diabetes tipe 2 dan Anda berpikir bahwa Anda mungkin dapat membalikkan kondisi dengan mengikuti diet yang lebih sehat dan melakukan lebih banyak olahraga, maka mungkin bijaksana untuk berbicara dengan ahli gizi atau profesional medis untuk saran lebih lanjut.

Selain itu, jika Anda berpikir tidak lagi membutuhkan obat diabetes tipe 2, pastikan berbicara dengan dokter sebelum melakukan perubahan pada rutinitas tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Lestari
Editor : Saeno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro