Golden Globe Awards 2020 - Indiwire
Entertainment

5 Kejutan di Ajang Golden Globe Awards 2020

Ria Theresia Situmorang
Senin, 6 Januari 2020 - 13:13
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Acara bergengsi bagi insan perfilman di Amerika Serikat, Golden Globe Awards ke-77 akhirnya digelar pada Senin (6/1/2019), dengan membawa banyak kejutan.

Diantara berjuta pandangan mata yang kini mengarah ke Hollywood dikarenakan pagelaran ini, Bisnis merangkum kejutan yang menjadi highlight dalam acara tersebut;

1. Parasite menangkan kategori Best Foreign Language Film

Parasite menjadi film asal Korea Selatan pertama yang menyebet kategori Best Foreign Language Film dalam ajang bergengsi Golden Globes 2020. Parasite mengalahkan beberapa film berbahasa asing populer lainnya seperti The Farewell (Amerika Serikat), Les Misérables (Prancis), Pain and Glory (Spanyol) dan Potrait of Lady on Fire (Prancis).

Parasite sendiri adalah salah satu film terlaris di Korea Selatan yang juga diminati oleh warga Amerika Serikat. Beberapa public figure seperti Elon Musk dan Barack Obama pun menyebutkan Parasite adalah salah satu film favorit mereka pada tahun 2019.

2. Film animasi Disney tak mampu sabet piala untuk keempat kalinya

Film animasi Missing Link secara mengejutkan memenangkan piala untuk kategori Animated Feature Film dalam gelaran Golden Globe Awards 2020. Kemenangan film produksi Laika Entertainment, yang merupakan underdog dalam industri film animasi Amerika Serikat menjadi kejutan bagi Disney yang mana tiga filmnya Frozen II, The Lion King dan Toy Story 4 dinominasikan untuk kategori yang sama.

Film claymotion ini dirilis pada April 2019 dengan pendapatan US$16,6 juta box office di dalam dan luar negeri. Meski pendapatan dari penjualan tiket bioskopnya tidak terlalu tinggi, namun film ini meraih keuntungan yang cukup banyak dari penjualan DVD, Blu-Ray dan digital sales-nya.

3. Joaquin Phoenix memenangkan kategori Actor in a Drama Motion Picture

Kemenangan Joaquin Phoenix untuk filmnya Joker sebenarnya sudah banyak diprediksi oleh banyak kritikus maupun media. Mengingat aktingnya yang patut diacungi jempol serta perjuangannya untuk menurunkan berat badan untuk film ini. 

Dalam ucapan terima kasihnya, Joaquin juga berbicara tentang perubahan iklim dan mengklaim penghargaan tersebut adalah kado untuk Joker sebagai salah satu film ‘blockbuster’ terbaik tahun ini.

4. Film 1917 menangkan penghargaan tertinggi untuk ajang ini

Film yang berkutat tentang perang dunia I, 1917 secara mengejutkan memenangkan kategori Drama Motion Picture mengalahkan Joker, dan tiga film yang dirilis di platform Netflix, The Two Popes, The Irishman, dan Marriage Story.

Diarahkan oleh sutradara Sam Mendes dan dibintangi oleh George MacKay, kemenangan film 1917 sendiri merupakan suatu kejutan bagi pencinta film mengingat ajang ini sendiri banyak memfavoritkan bintang besar dan talenta internasional untuk memenangkan kategori ini.

5. Once Upon a Time in Hollywood menang banyak

Film Once Upon a Time in Hollywood meraih total tiga piala dalam ajang ini masing-masing untuk kategori, Musical or Comedy Motion Picture, Quentin Tarantino untuk kategori Screenplay of a Motion Picture dan Brad Pitt sebagai Supporting Actor.

Raihan tiga piala untuk satu film adalah pencapaian terbesar untuk film yang rilis pada pertengahan tahun ini. Dengan total box office mencapai US$372,4 miliar, film ini diprediksikan juga akan meraih piala Oscar dalam ajang The Academy Award pada Februari mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Sutarno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro