Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kasus Predator Seksual, Psikolog : Kecerdasan Intelektual Tak Berbanding Lurus dengan Kecerdasan Emosional dan Sosial

Psikolog klinis Kasandra Putranto menyebutkan ada banyak faktor yang dapat menentukan kejahatan seksual yang pernah dilakukan Reynhard Sinaga.
Ria Theresia Situmorang
Ria Theresia Situmorang - Bisnis.com 07 Januari 2020  |  17:59 WIB
Foto Reynhard Sinaga terpampang di laman mipp.police.uk2
Foto Reynhard Sinaga terpampang di laman mipp.police.uk2

Bisnis.com, JAKARTA - Psikolog klinis Kasandra Putranto menyebutkan ada banyak faktor yang dapat menentukan kejahatan seksual yang pernah dilakukan Reynhard Sinaga.

Reynhard Sinaga adalah sosok mahasiswa doktoral yang dilaporkan melakukan kejahatan seksual dengan aksi pemerkosaan sebanyak 48 pria yang kini dilaporkan di Manchester, Inggris. 

Kepada Bisnis.com, Kasandra menyebut kekuatan psikologis sangat besar. Potensi melakukan kejahatan seksual, meskipun tidak terlihat, dapat menimbulkan kerusakan yang besar.

"Kecerdasan intelektual tidak berbanding lurus dengan kecerdasan emosi dan sosial. Saya seringkali bertemu keluarga religius ternyata anaknya memiliki pengalaman seksual yang mengerikan tanpa diketahui keluarga," ujar Kasandra, Selasa (7/1/2020). 

Kasandra menilai obat sejenis GHB atau Gamma Hidroksi Butirat yang digunakan Reynhard untuk melumpuhkan korbannya sudah banyak beredar dan mudah diperoleh.

"Ada (sejenis GHB). Date rape drugs sudah banyak beredar dan mudah diperoleh. (Gunanya) menghilangkan kesadaran dan melemaskan otot. Makanya saat penetrasi tidak terasa. Bahkan mereka (korban) tertidur hebat sampai mendengkur," jelas Kasandra.

Namun begitu, Kasandra mengatakan belum bisa menentukan jenis kelainan yang diidap Reynhard mengingat belum ada pemeriksaan lebih lanjut. 

"Yang jelas dari sudut pandang psikologi forensik ini adalah kejahatan yang melibatkan kekerasan seksual berantai atau serial rapist," ungkap Kasandra. 

Dengan adanya kejadian ini, Kasandra mengingatkan berbagai kalangan bukan hanya wanita, di kalangan sosial apa pun untuk meningkatkan kewaspadaan. 

"Saya hanya bisa mengimbau agar semua meningkatkan kewaspadaan," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

psikologi
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top