Entertainment

Indonesia Targetkan Dominasi South East Asia Youth Music Camp

Mia Chitra Dinisari
Senin, 13 Januari 2020 - 13:16
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - South East Asia Youth Music Camp (SEAYMC) akan digelar pada 20-29 Juni di Swiss-Belresort Heritage Bandung, Jawa Barat.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Dedi Sjahrir Panigoro, Yanto M. Purbo, dan Sari Sjadzali ini merupakan kegiatan musik yang intensif dan terpusat yang melibatkan para pemain di wilayah Asia Tenggara.

Para pemain yang terpilih nantinya akan berlatih sebagai sebuah orkestra besar dibawah arahan direktur musik (music director) Gevorg Sargsyan untuk tampil dalam puncak acara di Sasana Budaya Ganesha, Bandung.

Karya yang rencananya akan ditampilkan antara lain, Festive Ouverture (karya Dmitri Shostakovich), Piano Concerto No.1 (Sergei Prokofiev), Firebird (Igor Stravinsky), Mekong Concerto for Violin & Cello (Ananda Sukarlan), dan tentu lagu nasional serta tradisional Indonesia.

Dedi Sjahrir Panigoro mengungkapkan dirinya sangat mendorong musisi muda dari Indonesia untuk ikut kegiatan SEAYMC ini supaya bisa meningkatkan kemampuan dalam bermusik agar mampu berprestasi di wilayah Asia Tenggara.

"Kami berharap mereka bisa turut serta dalam camp tersebut dan bisa meningkatkan dirinya dalam percaturan di Asia Tenggara. Dengan begitu kami menargetkan dari jumlah keseluruhan peserta sebanyak 200 orang, minimal setengahnya dari Indonesia,” ucap Dedi seperti dikutip dari siaran persnya.

Purwacaraka selaku Festival Director SEAYMC berharap kegiatan ini tidak hanya diikuti oleh para pemain yang sudah “matang” saja, tetapi juga pemain amatir yang kemudian akan dilatih secara mandiri dalam format junior camp.

Sementara, Evelyne Sashi, sebagai musisi yang akan mengisi acara di SEAYMC mengatakan kegiatan ini merupakan wadah yang bagus untuk Indonesia dalam mengeksplore musik ke skala yang lebih besar.

“Saya sangat mengapresiasi pihak yang menyelenggarakan acara SEAYMC ini, biasanya kan hanya vocal dan piano. Kalau pakai orkestra itu butuh ekstra latihan ekstra kerja sama, jadi saya pikir ini adalah momen yang bagus,” ucap Sashi.

Kegiatan ini selain bertujuan membangun kemampuan dan pemahaman generasi muda perihal musik dalam format orkestra, juga untuk meningkatkan posisi Indonesia di kancah Internasional, khususnya di Asia Tenggara.

Dalam kegiatan SEAYMC nantinya juga akan diadakan seminar internasional untuk publik yang melibatkan pembicara seperti, Dr. Paye Srinarong, Ananda Sukarlan, Dr. Narong Prangcharoen, Purwacaraka, dan Addie MS dengan bahasan seputar How to Build Classical Image, Music for Social Changes, Academic Career for Musicians and Composers, Orchestra for Youth, dan Music School Business.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro