Aplikasi Disney Plus Telah Diunduh Lebih Dari 40 Juta Kali

Sudah lebh dari bulan sejak platform Disney Plus diluncurkan. Layanan milik Disney tersebut telah memperluas lansekap streaming dengan menawarkan katalog tak terbatas dari konten lama dan orisinal perusahaan. Tidak mengherankan bila layanan ini sangat populer.
Syaiful Millah
Syaiful Millah - Bisnis.com 15 Januari 2020  |  13:26 WIB
Aplikasi Disney Plus Telah Diunduh Lebih Dari 40 Juta Kali
Seorang pria melihat layar handphone saat melintas di depan layar iklan Disney, layanan streaming Walt Disney di New York City Amerika Serikat, Selasa (12/11/2019) - Reuters/Brendan McDermid

Bisnis.com, JAKARTA – Sudah lebih dari bulan sejak platform Disney Plus diluncurkan. Layanan milik Disney tersebut telah memperluas lansekap streaming dengan menawarkan katalog tak terbatas dari konten lama dan orisinal perusahaan. Tidak mengherankan bila layanan ini sangat populer.

Sebuah laporan terbaru dari firma analisis seluler Sensor Tower, mencatat bahwa aplikasi Disney Plus telah diunduh sebanyak 40,9 juta kali sejak pertama kali dirilis pada November, baik itu di layanan App Store maupun Google Play Store.

Ditelisik lebih jauh, unduhan itu berasal sekitar 18 juta kali dari App Store dan 12 juta kali dari Google Store. Mayoritas pengunduh berasal dari negara asal perusahaan, Amerika Serikat.

Laporan juga menyebut bahwa Disney Plus telah menghasilkan sekitar US$97,2 juta pengeluaran pengguna untuk perangkat seluler dalam dua bulan pertamanya. Angka ini tidak termasuk dari permintaan Disney di televisi pintar, konsol game, dan perangkat lainnya.

Pada umumnya, permintaan untuk menonton program layanan streaming tertinggi ada pada format televisi atau layar lebar di rumah. Layanan serupa seperti Netflix dan Hulu secara rutin menyebut bahhwa sekitar dua per tiga atau tiga per empar jam menonton layanan mereka terjadi di televisi.

Disney Plus juga telah menjadi hit terbesar di negaranya sejauh ini. Sensor Tower mengatakan sekitar 84% dari pendapatan layanan di ponsel berasal dari Amerika Serikat. Sementara, sisanya terbagi ke dalam negara Kanada, Australia, Selandia Baru, dan Belanda.

Akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu dicatat tentang laporan terbaru dari Sensor Towers tersebut. Angka unduhan aplikasi tidak sepenuhnya menunjukkan jumlah pelanggan dari layanan itu.

Hal tersebut lantaran para pengguna secara teori ingin dapat mengakses akun Disney Plus mereka dari seluruh perangkat yang dimiliki. Oleh karenanya, jumlah unduhan tidak berkorelasi langsung dengan pengguna yang benar-benar berlangganan layanan.

Awal bulan ini, analis Bernie McTernan, seorang analis dari Rosenblatt Securities memperkirakan bahwa layanan Disney itu akan mencapai lebih dari 25 juta pengguna pada akhir Maret. Dua bulan mendatang. Artinya, jumlah saat ini belum mencapai bahkan setengah dari jumlah unduhan yang dilaporkan.

Namun bagaimana pun, kehadiran Disney Plus dalam persaingan industri layanan streaming video telah memperluas definisi industri hiburan itu sendiri. Saat ini, perusahaan-perusahaan hiburan lainnya tengah bersiap meluncurkan platform serupa masing-masing.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
disney

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top