Ilustrasi/Mcie.edu.au
Relationship

Cara Bikin CV Tetap Menarik Tanpa Pengalaman Kerja

Akbar Evandio
Selasa, 21 Januari 2020 - 04:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Memasuki akhir masa perkuliahan ada jenjang panjang diantara momentum siding akhir hingga saat wisuda. Waktu luang tersebut dapat dimanfaatkan untuk mencoba membuat Curriculum vitae (CV) sebagai garis depan perjuangan untuk menjadi bagian dari perusahaan impian.

Dilansir melalui jobstreet, kamu tetap bisa bikin CV yang menarik bagi human resources (HR) walaupun kamu belum punya pengalaman kerja. Nah, berikut ini akan diberikan tips-tips menulis CV untuk yang non-experience.

1.      Cari Pengalaman yang Relevan

Jangan minder walaupun gak punya pengalaman kerja yang bisa ditulis ke CV kamu. Paling penting, kamu punya pengalaman yang nyambung di bidangnya. Walaupun itu hanya secuil, tapi setidaknya kamu akan dianggap mempunyai ilmu dasarnya.

Misalnya kamu punya pengalaman magang di portal berita sebagai asisten reporter dan ingin melamar menjadi jurnalis full-time, setidaknya kamu sudah punya pengetahuan dasar bagaimana tugas seorang wartawan dari pengalaman magang menjadi asisten reporter, meskipun kamu kerjanya cuma liatin aja atau jadi ‘tempat gantungan’ tas mereka.

2.      Cantumkan Pendidikan dan Skill

Karena kamu belum ada pengalaman, jadi yang bisa diandalkan tentunya adalah educational background dan kemampuan keras atau lembut kamu, eh maksudnya soft atau hard skill kamu. Para HR akan menilai apakah posisi ini cocok atau tidak untuk kamu dilihat dari program studi/fakultas yang kamu pilih dan skill yang kamu kuasai. Sssstt, kalau kamu lulusan universitas ternama, ini jadi keuntungan kamu lho.

3.      Portfolio

Kamu—di dalam CV—ngakunya punya skill di bidang desain. Bagaimana membuktikannya? Ya dengan mencantumkan lampiran hasil-hasil karya desain kamu di CV. Itulah yang disebut dengan portfolio. Kalau kamu belum punya pengalaman kerja, portfolio ini bisa dibilang punya pengaruh besar dalam penilaian oleh para HR. Portfolio juga bisa berupa karya tulis, fotografi, hasil terjemahan artikel, dan cetak biru untuk seorang arsitek.

4.      Deskripsi singkat diri

Deskripsi diri pada dasarnya berupa penjelasan singkat yang menjelaskan pengalaman dan skill kamu (seperti di poin satu dan dua). Hanya saja kamu menulisnya dalam bentuk kalimat singkat, bukan berupa poin-poin. Pada bagian ini, kamu bisa menambahkan beberapa hal seperti kepribadian/karakter kamu atau hal-hal lainnya yang ingin ditambahkan.

Selain empat poin di atas tadi, layout untuk desain CV juga penting lho. Jangan menggunakan desain yang terlalu colorful dan elemen-elemen gak penting, nanti akan mendapat kesan childish. Buatlah dengan tampilan yang professional, karena rekruter nggak melihat bagus atau tidak desain CV-nya, melainkan skill dan pengalaman yang kamu punya.

Selain itu, cantumkan pas foto, jangan foto selfie—kecuali kamu ngelamar ke agensi untuk casting. Nah, itu tadi tips yang sekiranya bisa dijadikan contoh untuk menulis CV. Jadi nggak perlu bingung lagi ketika mau bikin CV ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Akbar Evandio
Editor : Akhirul Anwar
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro