Netflix Klaim The Witcher Serial Season Pertama Tersukses Dalam Sejarah

Netflix semakin mengukuhkan diri sebagai layanan media video-on-demand paling kuat di antara pesaingnya.
Ria Theresia Situmorang
Ria Theresia Situmorang - Bisnis.com 22 Januari 2020  |  09:20 WIB
Netflix Klaim The Witcher Serial Season Pertama Tersukses Dalam Sejarah
Cover serial The Witcher / Dok. Netflix
Bisnis.com, JAKARTA - Netflix semakin mengukuhkan diri sebagai layanan media video-on-demand paling kuat di antara pesaingnya. 

Dikutip dari data kuartal IV tahun 2019 yang baru saja rilis pada Selasa (21/1/2020), pendapatan Netflix tumbuh 31 persen year-on-year (YoY), sehingga tahun 2019 ditutup dengan total revenue bagi perusahaan tersebut mencapai US$20 miliar atau Rp273 triliun.

Korporasi yang berbasis di Los Gatos, California, Amerika Serikat tersebut juga menyebut angka rata-rata keanggotan berbayar di platformnya juga mengalami kenaikan sebesar 21 persen year-on-year (YoY) dengan rekor capaian melampaui 100 juta pengguna baru di luar Amerika Serikat. 

"Konten yang bagus menumbuhkan engagement di antara pengguna kami, yang kami yakini didorong oleh word-of-mouth, meningkatkan retensi dan menumbuhkan jumlah keanggotaan berbayar," tulis pihak Netflix dalam laporan kuartal IV tahun 2019. 

Konten yang termasuk sukses pada kuartal ke-4 tahun 2019 di antaranya season terbaru serial The Crown, Big Mouth dan You serta serial dan film baru seperti Rhythm & Flow, American Son, serial asal Turki berjudul The Gift dan film asal Perancis berjudul Banlieusards (Street Flow). 

Serial thriller psikologis You asal Amerika Serikat yang ditayangkan di stasiun televisi Lifetime dengan share yang kecil, menjadi fenomena global setelah ditayangkan di Netflix dengan 54 juta pengguna menonton season keduanya dalam 4 minggu penayangan perdananya. 

Lebih dari 21 juta anggota Netflix juga menonton serial yang diadaptasi dari kisah hidup Ratu Elizabeth II, The Crown pada musim ketiganya, dalam 4 minggu perilisan perdananya.

Dengan total 73 juta pengguna di seluruh dunia yang menonton serial The Crown sejak season pertamanya diluncurkan, tayangan ini membuahkan hasil berupa piala di ajang Screen Actors Guild Award untuk kategori Best Ensemble in a Drama Series berikut dengan penghargaan untuk Olivia Coldman yang membawa pulang piala dalam ajang Golden Globe Awards untuk kategori Best Actress in a Drama Series. 

Selama bulan Desember, Netflix juga mencatatkan kesuksesan besar lewat perilisan season pertama serial The Witcher. Diadaptasi dari novel serial fantasi karya penulis Andrzej Sapkowski, Netflix mengklaim The Witcher sebagai serial season pertama dengan jumlah penonton terbanyak hingga saat ini. 

Dalam 4 minggu pertama perilisannya, serial The Witcher mampu menggaet 76 juta pengguna Netflix dan menjadi konten hits yang memberikan pengaruh pada penjualan buku, game dan viralnya lagu pendukung dari serial tersebut. 

Dengan debut Disney+ dan Apple TV+ akhir tahun lalu, pengguna Netflix dianggap masih lebih unggul. Terbukti dengan perbandingan tren pencarian Google dengan topik The Witcher mengungguli pembicaraan perihal The Mandalorian milik platform Disney+, serial Jack Ryan milik Amazon Prime Video dan The Morning Show di Apple TV+ sejak Oktober hingga Desember 2019. 

 Sebagai catatan, Netflix, Amazon Prime Video dan Apple TV+ adalah platform streaming global yang hanya tidak beroperasi di China, sedangkan Disney+ hanya beroperasi di Amerika Serikat, Kanada, Belanda, dan Australia

Kesuksesan besar Netflix berikutnya berupa 24 nominasi Academy Award untuk 8 film berbeda termasuk di antaranya film original Netflix seperti The Irishman, Marriage Story dan The Two Popes juga sangat populer di platformnya. 

 

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Golden Globe Awards, Netflix

Editor : Nancy Junita
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top