Warga mengenakan masker di stasiun kereta di Beijing, China, Jumat (24/1/2020)./Yomiuri Shimbun via Reuters
Health

Tips Terhindar Dari Infeksi Virus Corona

Novita Sari Simamora
Jumat, 24 Januari 2020 - 13:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Virus corona menyebar dari Wuhan, China kini menimbukan kekhawatiran di masyarakat Indonesia.

Namun, temuan baru menyatakan bahwa virus bisa dicegah masuk ke tubuh manusia.

Dokter ahli gizi Tan Shot Yen mengungkapkan virus bisa dicegah masuk ke dalam tubuh manusia bila memiliki daya tahan yang kuat. Seseorang dapat terpapar infeksi virus dari tiga aspek yakni orangnya, sumber penyakitnya dan lingkungannya.

Aspek pertama, pencegahan dari diri sendiri. Jika orang tersebut memiliki daya tahan tubuh yang kuat, maka akan lebih sulit terkena penyakit. Selain memiliki daya tahan tubuh yang kuat, maka perilaku hidup sehat menjadi sangat penting untuk perkembangan virus.

"Kedua, jika perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dijalankan, maka kontribusi risiko turun lagi," ungkapnya kepada Bisnis, Jumat (24/1/2020).

Tan mengatakan banyak orang tidak sadar bahwa dirinya memegang peranan penting sebagai benteng terhadap penyakit. Sayangnya, bentengnya kerap mudah jebol, bahkan terbuka lebar karena perilaku hidup yang tidak tepat.

Perilaku yang dimaksud adalah ketakteraturan pola makan, tidak melakukan olahraga yang cukup. Bahkan ada juga yang olahraga tetapi tidak terkena sinar matahari, dan ini akan membuat daya tahan tubuh semakin lemah dan tubuh mudah jatuh sakit.

Aspek ketiga adalah lingkungan. Kebiasaan mencuci tangan hingga bersih, mengatur sirkulasi udara rumah dan kantor dengan membiarkan cahaya matahari masuk akan membuat perkembangan virus terbatas. Biasanya ruangan yang tidak terkena sinar matahari akan disukai oleh virus.

Sebab, perkembangbiakan virus akan sangat cepat dan menginfeksi satu orang hingga satu kelompok dengan cepat. Selain itu, peralatan yang berada di sekitar harus tetap dijaga kebersihan.

Tan mengatakan bahwa kebersihan sehari-hari akan memberikan kontribusi yang sangat berharga. Terkait sumber penyakit, katanya, pengendalian tentu menjadi tanggung jawab bersama.

Jika ditemukan adanya indikasi atau infeksi dari virus corona maka penanganan yang tepat harus dilakukan. Karantina harus diberlakukan. Apalagi jika cara penularannya airborne, artinya mudah menular melalui percikan udara seperti penyakit saluran nafas pada umumnya.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro