Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kenali, Perbedaan Pneumonia Biasa dengan Pneumonia Virus Corona

Salah satu penyakit yang perlu diwaspadai akibat paparan virus corona atau novel coronavirus (nCov) adalah pneumonia. Apakah gejalanya sama seperti pneumonia biasa?
Newswire
Newswire - Bisnis.com 29 Januari 2020  |  14:37 WIB
Pneumonia - ilustrasi
Pneumonia - ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA  - Salah satu penyakit yang perlu diwaspadai akibat paparan virus corona atau novel coronavirus (nCov) adalah pneumonia. Apakah gejalanya sama seperti pneumonia biasa?

Dokter Spesialis Paru dan Pernapasan di RS Pondok Indah – Bintaro Jaya, Feni Fitriani dalam pernyataan tertulisnya menjelaskan, gejala penyakit pneumonia akibat virus corona sebenarnya sama dengan gejala penyakit pneumonia biasa yakni demam dan infeksi saluran pernapasan dengan gejala batuk kering dan pilek, sesak dan kesulitan bernapas, juga lesu.

“Bila Anda merasakan gejala ini, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter,” katanya.

Menurut Feni, meskipun pneumonia dapat menyerang orang di segala usia, namun anak kecil, ibu hamil dan lansia harus lebih waspada karena kekebalan tubuh mereka tidak sebaik kekebalan tubuh pada orang di usia produktif.

Biasanya pneumonia disebabkan oleh streptococcus, staphylococcus, dan lagionella. Namun, penyebab merebaknya penyakit ini di beberapa negara seperti Wuhan, China, lalu Singapura, Thailand dan Korea Selatan ditelusuri bukan berasal dari virus biasa yang menyebabkan penyakit pneumonia, namun virus corona.

Virus corona sebelumnya juga menyebabkan munculnya penyakit Severe Acute Respiratory Infection (SARS) dan Middle East Respiratory Syndrome (MERS) yang menjangkiti ribuan orang di dunia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pneumonia virus corona

Sumber : Antara

Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top