Senam jantung diabetes/Nutrifood
Health

Cara Mudah Memulai Gaya Hidup Sehat

Dewi Andriani
Kamis, 30 Januari 2020 - 05:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Memasuki tahun baru,  setiap orang pasti memiliki resolusinya sederet resolusi hidup yang ingin dicapai.

Salah satunya resolusi untuk menjalankan gaya hidup yang lebih sehat, dengan aktif berolahraga serta memilih makanan yang sehat agar dapat menjaga stamina serta daya tahan tubuh dengan baik.Lantas langkah awal apa yang harus dilakukan dalam memulai gaya hidup sehat? Simak tips dan trik ala Shopee!
 
Menjalankan diet sehat

Diet tidak melulu soal membatasi menu, porsi, dan waktu makan, tapi juga menjaga pola makan dan gaya hidup. Biasakan diri untuk mengkonsumsi makanan bergizi variasi dan seimbang, bisa dimulai dengan mengurangi asupan gula dan minum jus daripada minuman bersoda atau teh manis.

Jika sering mengkonsumsi cemilan, coba ganti cemilan yang mengandung banyak kalori dengan makanan sehat dan bergizi seperti buah-buahan.
 
Rajin berolahraga

Untuk pemula yang belum atau jarang berolahraga dapat dimulai dengan olahraga ringan. Mulai olahraga dengan stretching atau pemanasan selama 10 menit, kemudian bisa dilanjutkan dengan olahraga lari, basic push up atau sit up, bersepeda maupun berenang.

Setelah badan terbiasa dengan rutin olahraga ini, gerakan olahraga bisa ditambahkan tingkat kesulitannya, dengan squat, plank, lunge, atau crunches. Sempatkanlah olahraga 1 - 3x per minggu.
 
Istirahat yang cukup

Stres dapat menimbulkan berbagai macam penyakit sehingga sangat penting untuk memberi tubuh waktu untuk istirahat. Waktu tidur yang cukup untuk orang dewasa adalah 7-8 jam sehari.  Untuk mendapatkan hal tersebut, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, mulai dengan tidur lebih cepat atau menjauhkan diri dari gadget dan peralatan elektronik.
 
Tidak melewatkan sarapan pagi

Karena terburu-buru atau memang tidak terbiasa, banyak orang memilih untuk melewatkan waktu untuk sarapan pagi. Padahal sarapan pagi memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh serta harus memperbanyak minum air putih.

Sarapan pagi dapat meningkatkan fokus, membantu menurunkan berat badan, meningkatkan mood, hingga memberi nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Daniel Minardi, Head of Brands Management Shopee Indonesia mengatakan bahwa kesadaran masyarakat akan gaya hidup sehat semakin meningkat.

Terlihat di Shopee sendiri, tren pembelian produk yang menunjang gaya hidup tersebut semakin meningkat, adanya peningkatan penjualan produk olahraga di tahun 2019 lebih dari 2 kali lipat dibandingkan tahun lalu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dewi Andriani
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro