Anak main gadget/lifehacker
Health

3 Nutrisi Psikologis yang Dibutuhkan Anak

Mia Chitra Dinisari
Senin, 10 Februari 2020 - 10:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ketakutan orang tua pada anak yang rutin di depan gadget karena bisa menimbulkan masalah pada anak kian besar.

Akibatnya, banyak orang tua mengambil langkah ekstrem untuk menghindari anak terlalu banyak memakai gadget.

Pencarian cepat di YouTube mengungkapkan ribuan video orang tua menyerbu kamar anak-anak mereka, mencabut komputer atau konsol game, dan menghancurkan perangkat menjadi potongan-potongan.

Tapi inilah yang kebanyakan orang tua tidak mengerti: Teknologi bukan masalah, dan menegakkan aturan ketat tentang penggunaan teknologi bukanlah solusi. Alih-alih, itu adalah akar penyebab gangguan anak-anak yang perlu ditangani.
Anak-anak memiliki kebutuhan psikologis

Sama seperti tubuh manusia yang membutuhkan nutrisi makro untuk berjalan dengan baik, jiwa manusia memiliki kebutuhannya sendiri untuk berkembang.

Jadi ketika anak-anak tidak diberi "nutrisi psikologis" yang mereka butuhkan, mereka lebih cenderung untuk melakukan perilaku yang tidak sehat dan mencari kepuasan sering kali dalam lingkungan virtual.

Jika Anda ingin membesarkan anak-anak yang sangat sukses dan "tidak dapat dihindarkan", ini adalah tiga nutrisi psikologis paling penting yang harus dipenuhi:

1. Kebebasan 

Ini mungkin terdengar seperti ide yang mengerikan, tetapi memberi anak Anda kebebasan mengendalikan pilihan mereka sebenarnya bisa menjadi hal yang baik.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh dua profesor psikologi, Marciela Correa-Chavez dan Barbara Rogoff, anak-anak yang tidak banyak menjalani pendidikan formal menunjukkan "perhatian dan pembelajaran yang lebih berkelanjutan"

Daripada menjadi orangtua yang menerapkan aturan ketat tentang, bantu anak-anak Anda membuat batasan mereka sendiri. Tujuannya adalah untuk membuat mereka mengerti mengapa waktu layar mereka harus dibatasi. Semakin Anda membuat keputusan dengan mereka, dan bukannya sebaliknya, semakin besar kemungkinan mereka bersedia mendengarkan panduan Anda.

2. Kompetensi

Pikirkan sesuatu yang Anda kuasai, seperti memasak makanan lezat atau parkir paralel di ruang sempit. Kompetensi terasa baik, bukan? Dan perasaan itu tumbuh di samping kemampuan Anda untuk mencapai kesuksesan dalam hidup.

Terlalu sering, anak-anak diberi pesan bahwa mereka tidak kompeten pada apa yang mereka lakukan. Tes standar, misalnya, merupakan kontribusi besar terhadap masalah ini, karena mereka tidak memperhitungkan fakta bahwa anak-anak yang berbeda memiliki tingkat perkembangan yang berbeda.

Jika seorang anak tidak berhasil dengan baik di sekolah dan tidak mendapatkan dukungan individual yang diperlukan, mereka mungkin mulai percaya bahwa diri mereka tidak kompeten. Jadi mereka berhenti berusaha. Dengan tidak adanya kompetensi di kelas, anak-anak beralih ke gerai yang berpotensi tidak sehat untuk mengalami perasaan tumbuh dan berkembang.

Diskusikan dengan anak Anda tentang apa yang mereka sukai, dan dorong mereka untuk mengejarnya dengan cara di mana mereka dapat mencapai tingkat kompetensi.

3. Sosialiasi

Seperti orang dewasa, anak-anak ingin merasa penting bagi orang lain - dan sebaliknya. Kesempatan untuk memenuhi kebutuhan ini (dan mengembangkan keterampilan sosial pada saat yang sama) berpusat pada peluang untuk bermain dengan orang lain.

Namun, di dunia sekarang ini, sifat permainan berubah dengan cepat. Sementara generasi sebelumnya diizinkan untuk bermain sepulang sekolah dan membentuk ikatan sosial yang dekat, banyak anak saat ini dibesarkan oleh orang tua yang membatasi bermain di luar ruangan, karena "predator anak, lalu lintas jalan dan pengganggu,".

"Selama lebih dari 50 tahun, waktu bermain anak-anak telah terus menurun, dan itu membuat mereka tidak berubah menjadi orang dewasa yang percaya diri,". Sedihnya, spiral ke bawah ini membuat banyak anak tidak punya pilihan selain tetap di dalam rumah, menghadiri program terstruktur, atau mengandalkan teknologi untuk terhubung dengan orang lain.

Beri anak-anak Anda lebih banyak waktu luang untuk berinteraksi langsung dengan orang lain seusia mereka. Ini akan membantu mereka menemukan koneksi yang mungkin mereka cari online atau melalui media sosial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro