Ilustrasi/Reuters-Paul Hackett
Health

CEK FAKTA, Benarkah Stres Sebabkan Rambut Beruban?

Syaiful Millah
Sabtu, 15 Februari 2020 - 22:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Stres memiliki peran penting dalam seberapa cepat rambut manusia berubah warna menjadi pucat, atau yang dikenal dengan sebutan uban.

Hubungan antara stres dan uban telah menjadi perhatian para peneliti sejak lama. Penelitian terbaru dari Harvard University mulai dapat menjelaskan mekanisme yang terkait antara kedua hal tersebut.

Dilansir dari Healthline, Minggu (15/2/2020) penelitian awal yang dilakukan para peneliti mulai mengamati dengan saksama hormon kortisol (dikenal sebagai hormon stres) yang melonjak dalam tubuh ketika terjadi sebuah rangsangan.

Proses tersebut merupakan bagian penting dari kinerja tubuh manusia. Tetapi keadaan jangka panjang dari kortisol yang tinggi dapat mengakibatkan sejumlah isu kesehatan. Dalam tes yang diamati peneliti ditemukan bahwa proses ini mengarah pada sistem saraf simpatik, termasuk folikel rambut.

Mereka menemukan bahwa zat yang dilepaskan selama proses merespons stres, khususnya nonrepinefrin menyebabkan sel-sel induk penghasil pigmen aktif secara prematur. Implikasinya cadangan warna rambut menjadi berkurang.

“Dampak buruk dari stres yang kami temukan ternyata melebihi dari yang dibayangkan. Setelah beberapa hari, semua sel induk regenerasi pigmen hilang. Setelahnya, itu tidak bisa dibuat kembali sehingga kerusakannya permanen,” kata Ya Chieh Hsu, penulis penelitian tersebut.

Faktor Lain

Penelitian ini menggambarkan bahwa stres berlebihan berpengaruh terhadap proses respons yang mengarah pada pigmen warna rambut. Lindsey A Bordone, seorang dokter kulit di ColumbiaDoctors  mengatakan bahwa uban disebabkan oleh hilangnya melanosit (sel pigmen) di folikel rambut.

“Ini terjadi seiring bertambahnya usia. Sayangnya, hingga saat ini tidak ada pengobatan yang dapat mengembalikan sel-sel ini dan pigmen yang mereka hasilkan,” kata Bordone.

Bordone menambahkan bahwa faktor genetik juga memiliki peran terhadap peristiwa rambut beruban yang dialami seseorang. Menurutnya, tidak ada yang bisa dilakukan secara medis untuk mencegah hal ini terjadi ketika sudah terkait dengan gen.

Faktor risiko lain yang dikaitkan dengan kondisi uban dini adalah merokok, defisiensi protein, vitamin B-12, tembaga, dan zat besi serta penuaan karena akumulasi stres okidatif.

Upaya yang bisa dilakukan untuk menunda uban adalah makanan tinggi omega-3 seperti kacang walnut dan ikan berlemak dan mengonsumsi vitamin B-12 dan suplemen vitamin B-6. Disarankan juga untuk tidak terlalu banyak menghabiskan wakti di bawah sinar ultraviolet yang dapat merusak kulit kepala dan rambut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Syaiful Millah
Editor : Saeno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro